Logo BBC

Para Pendatang Suriah Dideportasi Turki Gara-gara Pamer Makan Pisang

Turki menampung pengungsi. Reuters via BBC Indonesia
Turki menampung pengungsi. Reuters via BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Turki mendeportasi setidaknya tujuh imigran dari Suriah setelah mereka mengunggah video makan pisang "secara provokatif" di media sosial.

Warga Suriah di Turki tersebut mengunggah video makan pisang di Tiktok sebagai respons atas keluhan warga setempat yang mengeklaim "tak punya uang untuk beli pisang, sementara para pengungsi di negaranya menerima uang dari pemerintah untuk bisa hidup layak".

"Kamu bisa hidup enak. Saya tak bisa beli pisang, kamu beli pisang berkilo-kilo," kata seorang laki-laki dalam video yang direkam di Istanbul pada pertengahan Oktober lalu.

Kalimat tersebut ia ucapkan kepada seorang mahasiswa perempuan asal Suriah yang tinggal di Turki.

Dalam video tersebut, tampak juga seorang perempuan Turki yang menimpali pembicaraan dengan mengatakan "mahasiswi ini menikmati hidup enak dan tak mau pulang ke Suriah untuk bertempur".

Sang mahasiswi menjawab bahwa ia tak punya lagi tempat tempat tinggal di Suriah, negeri yang diamuk perang saudara sejak 2011.

Video ini viral, yang mendorong beberapa anak muda asal Suriah di Turki mengunggah video makan pisang sambil tersenyum dan tertawa, yang ditujukan untuk mematahkan klaim "pendatang Suriah bisa hidup enak karena mendapat dana yang berasal dari uang pajak yang dibayarkan warga Turki".