COP26: 45 Negara Siap Terapkan Pertanian Berkelanjutan, Ada Indonesia

Ilustrasi - Hamparan lahan pertanian yang kering saat musim kemarau di Kabupaten
Sumber :
  • ANTARA/Aloysius Lewokeda

VIVA – 45 Negara berjanji untuk melakukan tindakan melindungi alam dan beralih ke cara bertani yang lebih berkelanjutan. Pemerintah Indonesia termasuk di dalam komitmen tersebut. 

Jadwal 'Kiamat' Tak Bisa Ditunda, Sosok Penting Ini Menyerah

Kesepakatan itu disampaikan pada akhir minggu pertama pelaksanaan COP26 yang digelar di  Glasgow, Skotlandia.

Agenda Aksi Kebijakan Pertanian Berkelanjutan untuk Transisi Ke Pertanian Berkelanjutan dan Agenda Aksi Global untuk Inovasi dalam Pertanian didukung oleh: Australia, Uganda, Madagaskar, India, Tanzania, Vietnam, Nigeria, Lesotho, Laos, Indonesia, Guinea, Ghana, Jerman, Filipina, Ethiopia ,  Inggris Raya, Kolombia, Kosta Rika, Maroko, Belanda, Selandia Baru, Nigeria, Filipina, Sierra Leone, Spanyol, Swiss, UEA.

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

"Jika kita ingin membatasi pemanasan global dan menjaga tujuan 1,5C tetap hidup, maka dunia perlu menggunakan lahan secara berkelanjutan dan menempatkan perlindungan dan pemulihan alam sebagai inti dari semua yang kita lakukan," kata Presiden COP26, Alok Sharma saat konferensi pers, Sabtu 6 November 2021, waktu setempat.

Pemerintah dan pelaku usaha bergabung dengan petani dan komunitas lokal ini di COP26, kesepakatan baru untuk melindungi alam dan melestarikan alam dan praktik penggunaan lahan berkelanjutan dengan lebih menarik, mudah diakses, dan terjangkau daripada alternatif yang tidak berkelanjutan.

BPBD Assessment Pergerakan Tanah di Purwakarta

"Sementara itu, saat kami melihat ke depan untuk negosiasi di minggu kedua COP, saya mendesak semua pihak untuk datang ke meja dengan kompromi dan ambisi membangun yang diperlukan," kata Alok Sharma

Komitmen yang dibuat oleh negara-negara hari ini akan membantu untuk mengimplementasikan deklarasi tentang Hutan dan Penggunaan Lahan yang sekarang didukung oleh 134 negara yang mencakup 91% hutan dunia.  

Deklarasi tersebut bertujuan untuk menyelesaikan dan menghemat hutan dan degradasi lahan pada tahun 2030.

Bank Dunia juga berkomitmen untuk mengeluarkan US$25 miliar dalam sumber daya alam setiap tahun hingga 2025 melalui Rencana Aksi Iklimnya, termasuk fokus pada pertanian dan sistem pangan.

Sektor swasta

Dalam menunjukkan komitmen serupa dari sektor swasta, hampir 100 perusahaan terkemuka dari berbagai sektor berkomitmen untuk menjadi 'Alam Positif'.  

Komitmen termasuk supermarket berkeinginan mengurangi dampak dan merek fashion yang menjamin keterlacakan bahan mereka.

Seperti diketahui pada 2 November, 134 negara yang mencakup 91% hutan dunia (Brasil, Cina, Rusia, dan Indonesia)  para pemimpin Dunia  mengesahkan Deklarasi tentang Hutan dan Penggunaan Lahan, berkomitmen untuk menghentikan dan menghentikan hutan dan degradasi lahan pada  2030 .

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya