Logo ABC

Restoran-Kafe di Melbourne Kekurangan Pekerja Jelang Natal-Tahun Baru

Michel Dubois harus menutup beberapa bisnisnya beberapa hari  karena dia tidak  memiliki staf untuk bekerja. (ABC News: Oliver Gordon)
Michel Dubois harus menutup beberapa bisnisnya beberapa hari  karena dia tidak  memiliki staf untuk bekerja. (ABC News: Oliver Gordon)
Sumber :
  • abc

Bisnis industri makanan dan minuman di Australia mendesak pemerintah  untuk segera mengizinkan pekerja asing kembali masuk ke Australia karena sekarang mereka kekurangan tenaga kerja, khususnya menjelang liburan Natal dan Tahun Baru.

Selama masa lockdown, pemilik restoran seperti Michel Dubois harus menutup usahanya. Namun, sekarang setelah restorannya boleh beroperasi kembali, dia menghadapi masalah baru: kekurangan tenaga kerja.

Dubois yang memilki beberapa bisnis di Melbourne yang menjual makanan ringan seperti roti dan kue ala Prancis mengatakan dia masih memerlukan lima staf tambahan untuk bisa membuka semua bisnis secara penuh.

"Sekarang keadaannya susah sekali," katanya.

"Saya harus menutup beberapa toko saya selama beberapa hari karena saya tidak memiliki staf."

Pemilik bisnis bernama The Croque Monsieur mengatakan saat ini pendapatan bisnis  masih rendah dan keharusan untuk membayar sewa di beberapa lokasi membuat keadaan lebih sulit.

Industri layanan jasa seperti di bidang makanan dan minuman sudah bisa buka lagi dan sedang berusaha bangkit, tetapi beberapa di antara mereka mengatakan sedikitnya mahasiswa internasional dan pemegang visa liburan dan bekerja (WHV) telah mempersulit keadaan mereka.