Beda Gaya Jokowi dan PM Narendra Modi saat Menjajal Jalan Tol Baru

Jokowi dan PM India Narendra Modi
Sumber :
  • Twitter/ @MEAIndia

VIVA – Ada banyak cara dilakukan para pemimpin dunia untuk mengekspresikan gaya kepemimpinannya pada rakyat dan dunia. Terutama dalam momen-momen tertentu yang disorot banyak mata, seperti acara kenegaraan hingga peresmian proyek-proyek infrastruktur nasional.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Belum lama ini, Perdana Menteri India Narendra Modi membuat kehebohan dengan mendaratkan sebuah pesawat angkut Hercules C-130J di jalan bebas hambatan atau jalan tol yang baru selesai dibangun di India pada Selasa, 16 November 2021. Aksi spektakuler itu dia lakukan sebelum meresmikan jalan tersebut. 

PM Modi sengaja menghadiri peresmian Jalan Tol Purvanchal di distrik Sultanpur di negara bagian Uttar Pradesh, dengan menumpang pesawat Hercules dan mendarat di jalan bebas hambatan baru.

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

Sebelumnya, ada pertunjukan udara singkat oleh Angkatan Udara India dengan jet Mirage buatan Prancis dan Su-30MKI Rusia yang juga menggunakan jalan tersebut sebagai landasan pacu.

"Kemakmuran India sama pentingnya dengan keamanan nasional kita. Jalan bebas hambatan ini telah menjadi kekuatan baru bagi Angkatan Udara kita," kata Modi pada pertemuan publik di acara tersebut dilansir StraitTimes, Jumat, 19 November 2021.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

PM India Narendra Modi turun dari Hercules yang mendarat di jalan tol

Photo :
  • Twitter

Jalan Tol Purvanchal sepanjang hampir 350 km yang diresmikan oleh PM Modi merupakan bagian dari dorongan multi-miliar dolar untuk meningkatkan jaringan jalan India yang belum berkembang. Jalan ini juga akan memiliki fungsi ganda sebagai landasan udara militer darurat. 

Tak hanya PM Modi yang bisa begitu. Indonesia juga punya sosok Presiden Joko Widodo atau Jokowi, yang tak kalah nyentrik saat melakukan berbagai kegiatan kepresidenan. Termasuk saat meresmikan proyek-proyek infrastruktur, Jokowi selalu tampil beda.

Mobil Offroad Hingga Naik Truk

Meskipun pada umumnya Jokowi kerap menggunakan kendaraan roda empat atau bus saat melakukan uji coba jalan tol yang baru diresmikan, namun beberapa momen unik pernah dilakukan Presiden Jokowi.

Seperti saat meresmikan Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Tol Becakayu) pada November 2017 lalu. Presiden Jokowi menjajal jalan tol sepanjang 8,4 kilometer dengan menumpang mobil offroad jadul. 

Mobil yang dinaiki Jokowi dikemudikan oleh anggota Pasukan Pengamanan Presiden merupakan jenis Land Rover Defender buatan 1989.

Tinjau Tol Becakayu, Jokowi Pakai Mobil Land Rover

Photo :
  • Biro Pers Istana Kepresidenan

Momen unik lainnya adalah saat Presiden Jokowi meresmikan pembukaan tol Soreang-Pasir Koja (Tol Soroja) pada Desember 2017. Jokowi menumpang bus Persib, klub sepakbola kebanggaan warga Bandung, Jawa Barat. 

Jokowi menjajal tol sepanjang 10,57 kilometer itu dengan bus yang biasa digunakan pemain Persib didampingi sejumlah pengurus dan pemain Persib. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga pernah menumpang truk saat meresmikan ruas tol Kertosono-Ngawi (2018) dan Tol Bakauheni (2018). Jokowi duduk mendampingi sopir truk yang merupakan anggota Paspampres.

Presiden Joko Widodo naik dump truk

Photo :
  • Agus Suparto (Fotografer pribadi Presiden)

Selain jalan tol, peresmian jalan non-tol atau infrastruktur lain, Presiden Jokowi lebih sering menggunakan sepeda motor custom 'RI 1' cafe racer kesayangannya.

Seperti yang baru-baru ini dilakukan Presiden saat meresmikan Sirkuit Mandalika. Jokowi melahap lintasan sirkuit dengan panjang 4,32 kilometer dengan 17 tikungan curam. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya