Logo ABC

Hadapi Gelombang Keempat, Vaksinasi Booster dan Masker Adalah Kunci

Gelombang COVID keempat di Eropa telah membuat Australia waspada. (LaPresse/AP: Alfredo Falcone)
Gelombang COVID keempat di Eropa telah membuat Australia waspada. (LaPresse/AP: Alfredo Falcone)
Sumber :
  • abc

Eropa kini tengah menghadapi gelombang keempat COVID. Wajar jika kita bertanya apakah negara lain akan dihadapkan pada nasib yang sama.

Ada beberapa faktor yang akan menjadi penentu: tingkat vaksinasi, sebaran vaksinasi 'booster' atau dosis ketiga yang tinggi, vaksinasi pada anak-anak dan apakah strategi ventilasi yang komprehensi, serta pemakaian masker, testing dan pelacakan masih diterapkan atau tidak.

Pemodelan yang dikeluarkan lembaga OzSAGE NSW di Australia menunjukkan kemungkinan Australia mengalami lonjakan kasus mulai pertengahan Desember dengan puncak yang diprediksi pada Februari 2022, meski tingkat vaksinasi tinggi.

OzSAGE memperingatkan jika pelacakan kontak tidak dipertahankan dan anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun tetap tidak divaksinasi, rumah sakit mungkin akan kewalahan lagi.

Tetapi jika kita anak-anak divaksinasi sambil terus mempertahankan jumlah testing dan pelacakan yang tinggi, hasil akhirnya juga akan bagus.

Seandainya Delta tidak ada...

Seandainya virus yang mendominasi penularan saat ini masih adalah jenis virus pertama di tahun 2020, jumlah kasus COVID-19 pastinya sudah terkendali dengan baik di negara-negara yang lebih dari 70 persen populasinya sudah divaksinasi.