Logo ABC

Belanja Black Friday dan Cyber Moday di Australia Diprediksi Menggila

Belanja obral Black Friday semakin populer di Australia bagi konsumen untuk membeli barang dengan harga diskon. (ABC News: John Gunn)
Belanja obral Black Friday semakin populer di Australia bagi konsumen untuk membeli barang dengan harga diskon. (ABC News: John Gunn)
Sumber :
  • abc

Biasanya musim diskon, di mana toko-toko di Australia melakukan obral besar-besaran terjadi saat 'Boxing Day', sehari setelah Natal. Tapi sekarang 'Black Friday' dan 'Cyber Monday' juga jadi momen yang ditunggu-tunggu oleh pemilik bisnis maupun konsumen di Australia.

'Black Friday' adalah hari Jumat di pekan terakhir di bulan November, yang di Amerika Serikat menjadi hari libur menandai perayaan 'Thanksgiving Day'.

Kemudian ada 'Cyber Monday' sebutan untuk hari belanja online di hari Senin pekan berikutnya.

Kebiasaan belanja 'Black Friday' di Amerika Serikat sudah menyebar ke negara-negara lain termasuk Australia.

Ekonom dari ANZ, salah satu bank terbesar di Australia, mengatakan penjualan barang-barang di hari 'Black Friday' tahun ini kemungkinan bisa mencetak rekor baru

"Pengeluaran belanja Black Friday tahun lalu sebenarnya 50 persen lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya," kata ekonom senior ANZ Adelaide Timbrell.

"Kami tidak memperkirakan tahun ini akan naik 50 persen lagi, namun ini waktu yang bagus, karena tidak banyak warga Australia yang bepergian ke luar negeri tahun ini jadi mereka memiliki banyak tabungan untuk dibelanjakan."