Logo BBC

Ini Sejumlah Perbedaan Omicron dan Varian Virus Corona Sebelumnya

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Mulai Senin (28/11), pemerintah Indonesia melarang orang asing dengan riwayat perjalanan dari negara-negara Afrika bagian selatan dan Hongkong masuk ke wilayah Indonesia demi mencegah varian baru Covid-19. Varian baru yang diberi nama Omicron ini dikhawatirkan menimbulkan risiko lebih besar, meskipun belum ada penelitian tuntas.

Berikut hal-hal yang kita ketahui sejauh ini tentang varian baru Omicron.

Virus
Getty Images

Apa itu varian Omicron?

Varian dengan kode B.1.1.529 pertama kali dilaporkan ke WHO dari Afrika Selatan pada 24 November 2021.

Dua hari kemudian, tim peneliti independen Technical Advisory Group on SARS-COV-2 Virus Evolution (TAG-VE) melakukan penilaian dan memasukkan varian baru ini ke dalam kategori Variant of Concern (VOC).

"Berdasarkan bukti yang disajikan, mengindikasikan perubahan yang merugikan dalam epidemiologi Covid-19, TAG-VE telah menyarankan kepada WHO bahwa varian ini harus ditetapkan sebagai VOC, dan WHO telah menetapkan B.1.1.529 ke dalam VOC, dengan nama Omicron," tulis keterangan WHO. Omicron adalah huruf ke-15 dalam alfabet Yunani.

VOC merupakan kategori tertinggi bagi varian virus Covid-19 terkait dengan penularan, gejala penyakit, risiko menginfeksi ulang, dan mempengaruhi kinerja vaksin. Sebelumnya, varian virus yang dikenal cepat menyebar yaitu Alpha, Beta, Gamma dan Delta masuk ke dalam kategori ini.

Apa beda varian Omicron dengan varian-varian sebelumnya?

varian omicron
ANTARAFOTO/Wahdi Septiawan/hp
Warga antre saat vaksinasi COVID-19 massal yang digelar Polres Kerinci di Bedeng Delapan, Kayu Aro Barat, Kerinci, Jambi, Sabtu (27/11/2021).