4 Hal Seputar Omicron, Varian Baru COVID-19 yang Bikin Resah

Ilustrasi COVID-19/virus corona
Ilustrasi COVID-19/virus corona
Sumber :
  • Pixabay/geralt

VIVA – Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pada 26 November 2021 menetapkan varian B.1.1.529 sebagai varian baru COVID-19 bernama Omicron. Penetapan varian baru ini atas saran dari Kelompok Penasihat Teknis WHO tentang Evolusi Virus (TAG-VE) yang perlu perhatian serius. 

Keputusan ini didasarkan pada bukti yang diberikan kepada TAG-VE bahwa Omicron memiliki beberapa mutasi yang mungkin berdampak pada perilakunya, misalnya, seberapa mudah menyebar atau tingkat keparahan penyakit yang ditimbulkannya. 

Berikut adalah beberapa fakta terkait Omicron dilansir laman WHO:

1. Menyebar Cepat di Afrika

Para peneliti di Afrika Selatan dan di seluruh dunia sedang melakukan penelitian lebih jauh tentang varian Omicron dan akan terus memperbarui hasil temuan penelitian pada saatnya.

WHO mengungkapkan belum ada bukti yang jelas apakah Omicron lebih mudah menular (misalnya, lebih mudah menyebar dari orang ke orang) dibandingkan dengan varian lain, termasuk Delta. 

Memang, jumlah orang yang dites positif meningkat di wilayah Afrika Selatan akibat terkena varian ini, tetapi studi epidemiologi sedang dilakukan untuk memahami apakah itu benar-benar karena Omicron atau faktor lainnya.