Publik Shizuoka Jepang Terpukau Tarian Tana Toraja

Seni Budaya Indonesia di Wai Wai World Fair Jepang
Seni Budaya Indonesia di Wai Wai World Fair Jepang
Sumber :
  • Facebook KBRI Tokyo

VIVA – Warga Shizuoka di Jepang antusias melihat pertunjukan seni budaya Indonesia yang ditampilkan dalam acara Waiwai World Fair 2021 yang digelar oleh Pemerintah Kota Shizuoka pada Minggu (28/11).

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo bekerja sama dengan perhimpunan pelajar Indonesia (PPI) Shizuoka berpartisipasi dalam Waiwai World Fair (WWF) 2021, demikian menurut keterangan KBRI Tokyo yang diterima di Jakarta, Selasa.

Indonesia, yang secara khusus diundang pada acara tersebut dan diwakili oleh KBRI Tokyo dan PPI Shizuoka, mendirikan booth dan menampilkan beberapa seni budaya nasional.

Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi memastikan jelang 65 tahun hubungan bilateral Indonesia–Jepang pada 2023 mendatang, diplomasi seni dan budaya kedua negara akan semakin diperkuat.

"Diplomasi budaya sangat penting dalam penguatan hubungan Indonesia-Jepang yang akan mencapai 65 tahun pada tahun 2023. Hubungan people-to-people menjadi prioritas awal dalam sebuah hubungan bilateral sebelum berkembang dalam sektor lain seperti politik atau ekonomi," kata Heri.

Pada kesempatan itu, dia menjelaskan tentang budaya Tana Toraja Sulawesi Selatan kepada Walikota Shizuoka Nabuhiro Tanabe yang terlihat antusias menyaksikan tarian Tana Toraja dan beragam barang-barang yang dipamerkan di booth Indonesia.

Heri juga mengajak Walikota Nabuhiro Tanabe berkunjung ke Toraja Sulawesi Selatan untuk menyaksikan keindahan alam serta keramahan penduduknya.