Dibayangi China, AS dan Sekutu Akhiri Latihan Militer di Laut Filipina

VIVA Militer: Armada tempur Amerika Serikat (AS) dan Australia di Laut Filipina
Sumber :
  • Japan Today

VIVA – Amerika Serikat  dan sekutu mengakhiri latihan militer gabungan selama 10 hari pada Selasa 30 November 2021 yang dilaksanakan di Laut Filipina. Amerika Serikat bersama Jepang dan sekutu lainnya menggelar latihan militer gabungan selama 10 hari di perairan Laut Filipina, sebelah selatan pesisir pantai Jepang. Latihan militer bertajuk “Annualex” mengerahkan 35 kapal perang serta belasan jet tempur.

Honda Kenalkan 3 Mobil Listrik Terbarunya Ye Series, Siap Jegal BYD

Kapal induk AS, USS Carl Vinson, turut ikut dalam latihan ini beserta kapal dari militer Kanada, Australia dan untuk yang pertama kali dari militer Jerman. Saat latihan terakhir, USS Carl Vinson dibayang-bayangi oleh kapal angkatan laut China.

Menurut komandan armada ketujuh Amerika Serikat, Laksamana Madya Karl Thomas, latihan digelar sebagai bentuk meredam agresi dari negara yang berambisi mengejar territorial. Latihan juga dilakukan di tengah ketegangan AS dengan China atas Taiwan.

Situasi di Timur Tengah Memanas, RI dan China Kompak Dukung Palestina Jadi Anggota PBB

Dilansir dari tvOnenews, tekanan China yang terus meningkat pada Taiwan memicu kekhawatiran bagi Jepang dan Amerika Serikat. Jepang khawatir China akan menganggu jalur perdagangan lautnya, sementara AS khawatir akan pangkalan militernya di Taiwan.

Latihan militer gabungan 10 hari ini sekaligus menutup latihan tahunan yang telah digelar oleh AS, Jepang, Inggris, Prancis, Jerman dan Belanda. 

5 Negara Bagian dengan Cadangan Minyak Terbesar di AS
Menlu China Wang Yi dalam pidato kebijakan regional China di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Senin 11 Juli 2022.

Di Tengah Konflik Perang, Tiongkok Dukung Upaya Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi, pada hari Kamis 18 April 2024 mengatakan negaranya mendukung upaya Palestina untuk menjadi anggota penuh PBB

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024