Misteri, Ini 7 Penemuan Arkeologi Paling Misterius di Seluruh Dunia

Penemuan Arkeolog
Sumber :
  • shutterstock

VIVA – Penemuan arkeolog di dunia tidak melulu berbentuk harta karun kuno yang ada di makam raja-raja zaman dulu. Benda-benda unik sampai fosil-fosil yang sudah berusia ribuan tahun juga dianggap sebagai harta karun untuk seorang arkeolog. Di dunia banyak sekali peninggalan kuno yang telah ditemukan oleh para arkeolog.

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Selain itu, peninggalan kuno ini membuat masyarakat dunia terkagum-kagum karena keunikannya dan keanehannya. Sehingga tak jarang membuat para arkeolog kebingungan dan tidak semua penemuan arkeologi ini dapat dipecahkan dengan mudah oleh para peneliti. Terdapat berbagai penemuan arkeologi yang masih menjadi misteri sampai saat ini, berikut ulasan selengkapnya yang disadur dari Rd.com.

Lantas, Apa Saja Penemuan Arkeologi Paling Misterius di Dunia?

Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

Pembantaian Sandby Borg

Penemuan Arkeolog

Photo :
  • Tangkapan Layar
Organisasi Liga Muslim Dunia Ucapkan Selamat ke Prabowo: Semoga RI Makin Maju

Ketika para arkeolog yang mempelajari situs Swedia abad kelima, mereka menemukan kerangka manusia tergeletak di lantai sebuah rumah. Mereka bertanya-tanya mengapa tidak ada yang menguburnya. Semua menunjukkan tanda-tanda telah dieksekusi dengan pedang, kapak, dan tongkat dan kemudian ditinggalkan sampai dinding rumah mereka runtuh menimpa mereka.

Mereka sudah menemukan sisa-sisa 26 orang sejauh ini, bersama dengan ikan yang setengah dimakan (menunjukkan serangan itu kejutan), koin, dan perhiasan. Akan tetapi, mereka belum menemukan indikasi siapa penyerang atau apa maksud dari kejadian tersebut.

Anak Penyandang Cacat

Penemuan Arkeolog

Photo :
  • shutterstock

Penemuan arkeologi pertama adalah fosil anak penyandang cacat. Pemburu-pengumpul menguburkan beberapa orang, termasuk dua remaja laki-laki, di sebuah situs bernama Sunghir beberapa jam di sebelah timur Moskow 34.000 tahun yang lalu. Ketika kuburan digali, peneliti menemukan bahwa ada anak laki-laki yang meninggal pada usia kira-kira 10 dan 12 tahun. Keduanya menunjukkan tanda-tanda kecacatan dan dikubur bersama.

Pejuang Terracotta

Penemuan Arkeolog

Photo :
  • shutterstock

Ketika para pekerja menggali sumur di Cina pada tahun 1974 menemukan patung seukuran manusia. Lebih jauh, mereka tahu itu sesuatu yang istimewa, tetapi mereka tidak tahu apa lagi yang ada di bawah permukaan. Para arkeolog mulai menggali dan saat ini diperkirakan ada sebanyak 8.000 patung tanah liat.

Sebagian besar adalah pejuang, masing-masing dengan ekspresi wajah dan senjatanya sendiri, dan ada juga kuda serta kereta terakota ukuran penuh. Proyek ini dibuat sebagai makam untuk kaisar pertama Cina, Qin Shi Huang Di, yang naik takhta pada 246 SM. Qin dimakamkan di sebuah makam di situs yang belum digali karena kekhawatiran tentang stabilitasnya. Harta karun arkeologi ini termasuk yang paling misterius di Bumi.

Manusia Kecil atau Alien?

Penemuan Arkeolog

Photo :
  • shutterstock

Penemuan Arkeologi berikutnya adalah kerangka mirip alien. Pada tahun 2003, kerangka setinggi enam inci dengan kepala runcing ditemukan secara alami sebagai mumi di Gurun Atacama, Chili. Meskipun banyak orang mengklaim bahwa kerangka itu memiliki karakteristik kepadatan tulang anak berusia 6 tahun meskipun ukurannya kecil adalah alien. Para ilmuwan sejak itu mampu mengurutkan dan mempelajari DNA-nya.

Begitu mumi perempuan itu dikenal, ternyata adalah manusia ia paling dekat hubungannya dengan penduduk asli Chili tetapi juga memiliki beberapa keturunan Eropa. Para peneliti menemukan tujuh mutasi berbeda dari gennya yang terlibat dengan pertumbuhan, tetapi mereka tidak yakin apa yang menyebabkan malformasi tulangnya.

Gobekli Tepe

Penemuan Arkeolog

Photo :
  • shutterstock

Lebih dari 11.000 tahun yang lalu, pada akhir Zaman Batu, pemburu-pengumpul tetap nomaden belum terbiasa dengan gaya hidup pertanian yang menjadi dasarnya kota-kota kita hari ini. Namun, situs arkeologi di Turki ini meragukan kronologisnya, karena memiliki pilar besar dengan ukiran-ukiran.

Ukiran tersebut mulai dari hewan, cincin batu, dan banyak ruangan persegi panjang. Ini mungkin arsitektur tertua yang diketahui di dunia, dan banyak peneliti berpikir itu mungkin kompleks keagamaan. Temuan misteri teraneh yang belum terpecahkan dari planet Bumi.

Piramida Giza dan Sphinx

Piramida Agung, Mesir (Ilustrasi).

Photo :
  • U-Report

Bangunan yang sangat megah pada zaman mesir kuno membuat para ilmuwan penasaran. Mengapa masyarakat yang telah maju pada zamannya meninggalkan begitu saja karya terbaik mereka. Dari mana mereka dapat mengetahiui tentang cara teknis dan arsitektur yang kompleks masih menjadi misteri untuk para arkeolog.

Piramida mempunyai sekitar 2.300.000 blok batu yang masing-masing bertanya 2 sampai 30 ton. Bahkan, ada blok yang beratnya lebih dari 50 ton. Dasar Piramida mempunyai luas sekitar 55.000 meter persegi dengan masing-masing sisi mempunyai luas lebih dari 20.000 meter persegi. Bahkan, piramida bersinar saat terpantul cahaya matahari.

Manusia Altamura

Penemuan Arkeolog

Photo :
  • Tangkapan Layar

Penemuan arkeologi berikutnya adalah manusia yang sangat menakutkan. Mereka awalnya mempelajari jaringan gua Lamalunga, Altamura, Itali kemudian melihat seuatu yang mirip manusia tertanam dan menyatu dengan bebatuan serta stalakit di dalam gua.

Pembentukan kalsium karbonat mengelilingi kerangka tersebut memuatnya menyatu dengan gua. Kerangka ini adalah dari masyarakat Neanderthal yang jatuh ke lubang gua sekitar 150.000 tahun lalu. Kerangka mereka awet karena adanya kalsium dalam gua yang tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya