China Tengah Mempercepat Pengembangan Vaksin COVID-19 untuk Omicron

Relawan kesehatan Distrik Chaoyang, Beijing, China, memeriksa setiap orang yang memasuki kawasan permukiman Sanlitun.
Relawan kesehatan Distrik Chaoyang, Beijing, China, memeriksa setiap orang yang memasuki kawasan permukiman Sanlitun.
Sumber :
  • ANTARA/M. Irfan Ilmie

VIVA – Otoritas kesehatan pemerintah China melaporkan, pemerintah saat ini tengah mempercepat pengembangan vaksin COVID-19 terbaru untuk tangani varian Omicron. Seiring dengan kemunculan varian baru COVID-19 Omicron, yang kini merebak di beberapa negara, pemerintah Cina saat ini berupaya meningkatkan penelitian dan pengembangan vaksin baru COVID-19.

Kepala kelompok pengembangan vaksin pemerintah Cina, Zheng Zhongwei, mengatakan saat ini tim peneliti tengah mempelajari varian omicron. Berdasarkan kesimpulan awal bahwa varian ini memiliki peningkatan kemampuan transmisi dan lebih mudah untuk menular bila dibandingkan varian delta.

Dirinya menambahkan masih terlalu dini untuk menyampaikan apakah vaksin yang saat ini tersedia tidak efektif terhadap varian ini, seperti dilansir dari tvOnenews.

Zheng mengatakan, vaksin yang dikembangkan oleh cina telah menunjukan efikasi dalam menahan infeksi dan penularan kembali yang disebabkan oleh berbagai varian virus yang merebak di berbagai wilayah di dunia, dan masih efektif dalam mencegah kasus infeksi parah dan kematian yang disebabkan oleh virus Corona.

Meski demikian, untuk mendapatkan vaksin yang lebih baik, sejumlah institusi yang melakukan penelitian dan pengembangan virus telah meluncurkan upaya untuk mengembangkan vaksin baru guna menahan varian baru COVID-19.