WHO Ungkap Varian COVID-19 Omicron Saat Ini Terdeteksi di 38 Negara

Logo WHO.
Sumber :
  • WHO

VIVA – Kepala Teknis WHO untuk COVID-19 Maria Van Kerkhove mengemukakan, saat ini varian baru COVID-19 Omicron telah terdeteksi di 38 negara. Hal itu dikemukakan Van Kerkhove dalam sesi tanya jawab untuk media sosial yang digelar di Jenewa, Jumat waktu setempat.

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Dilansir dari YouTube tvOneNews, Sabtu, 4 Desember 2021, WHO menyampaikan varian Omicron saat ini terdeteksi di 38 negara.

Van Kerkhove mengatakan, mengenai peningkatan dominasi varian Omicron di Afrika Selatan menunjukkan bahwa varian ini memiliki peningkatan kemampuan menular yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan varian lain.

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

COVID-19 varian Omicron

Photo :
  • The Straits Times

Dia mengemukakan, kasus pasien yang terinfeksi varian Omicron tercatat bervariasi dalam tingkat keparahan, mulai dari gejala ringan hingga berat.

Restrukturisasi Kredit Berakhir, Bank Mandiri: Kondisi Debitur Terdampak COVID-19 Kembali Normal

Soal waspada varian Omicron ini juga diingatkan oleh Presiden Joko Widodo. Sebelumnya, pada Jumat, 3 Desember 2021 lalu, Presiden Jokowi meminta seluruh elemen masyarakat waspada terkait adanya ancaman gelombang keempat COVID-19, terlebih saat ini muncul varian Omicron.

Jokowi mengatakan, Indonesia patut bersyukur dan berbangga karena dapat melewati puncak COVID-19 pada pertengahan 2021 kemarin. Namun tidak boleh terlena dan tetap harus waspada.  

"Kita boleh bersyukur, boleh berbangga tapi tetap harus waspada. Hati-hati yang namanya sekarang ancaman gelombang keempat varian Omicron. Hati-hati, tadi pagi saya dapat kabar sudah sampai ke Singapura," kata Jokowi, di Kabupaten Badung, Jumat, 3 Desember 2021.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya