Israel Pamer Pagar Pembatas Super Canggih Anti Hamas Palestina

Tentara Israel memasuki terowongan pejuang Hamas Palestina di Gaza
Sumber :
  • Time Magazine

VIVA – Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz dan Kepala Staf IDF, Avic Kochavi menghadiri peresmian pagar pembatas baru super canggih yang memisahkan wilayah Israel bagian selatan dengan Jalur Gaza. Pembatas ini diklaim lebih mumpuni melindungi warga Israel dari serangan teroris terutama Hamas.

Israel Klaim Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Ogah Lanjutkan Perundingan Gencatan Senjata

Menurut Menhan Benny Gantz, pagar pembatas baru anti Hamas ini punya lima komponen penting. Pertama, di bagian bawah tembok dilengkapi sensor anti terowongan yang memang menjadi gaya khas Hamas. Lalu tembok ini juga dibangun lebih tinggi sekitar 20 kaki. 

Ketiga, tembok baja ini juga dilengkapi dengan sistem senjata kendali jarak jauh. Tak hanya itu kamera, radar dan sistem pertahanan pendukung lainnya. Keempat, pagar pembatas ini juga dilengkapi kamera, radar guna menangkal serangan darat dan udara. 

Komandan Hamas Dikonfirmasi Terbunuh oleh Pasukan IDF

Baca juga: Pemukim Israel Serang Warga Palestina di Utara Nablus

Terakhir, tembok pembatas 'anti Hamas' ini juga dilengkapi ruang kontrol yang akan berguna untuk menentukan respon apa terhadap usaha serangan yang terjadi. Benny Gantz juga menyebut pembatas baja baru ini sangat inovatif dan dikembangkan dengan teknologi terbaru yang akan membuat warga Israel di bagian selatan lebih aman terhadap serangan teror. 

Israel Sebut Hasil Perang di Gaza Akan Mempengaruhi Timur Tengah Selama Bertahun-tahun

“Pembatas penghalang ini akan memberikan warga Israel rasa aman dan akan memungkinkan kawasan yang indah ini untuk terus terjaga dan berkembang,” kata sang Menhan dilansir algemeine, Rabu 8 Desember 2021.

Masih menurut Benny Gantz, pembatas baru super canggih yang rampung dikerjakan 1.200 pekerja ini juga akan berguna untuk menangkal transfer teknologi dan bantuan Iran yang memang diklaim Israel sebagai pendukung kuat Hamas hingga saat ini.

Eks Kepala Staf IDF Dan Halutz (Doc: Middle East Eye)

Mantan Komandan IDF Sebut Netanyahu Bikin Israel Semakin Terpuruk

Mantan Kepala Staf Pasukan Israel, Dan Halutz mengkritik Perdana Menteri Israel dengan mengatakan bahwa Benjamin Netanyahu membuat Israel semakin buruk

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024