Logo BBC

Penangkapan Tersangka Pembunuh Jamal Khashoggi Kian Pojokkan Saudi

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Seorang pria Saudi yang disangkakan terlibat dalam pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi telah ditangkap di Prancis, menurut kepolisian.

Khaled Aedh Alotaibi ditangkap di Bandara Charles de Gaulle di Paris, Selasa waktu setempat, kata sumber di kepolisian kepada BBC.

Dia diyakini adalah satu dari 26 warga Saudi yang diburu Turki atas pembunuhan tersebut.

Alotaibi, adalah mantan pengawal kerajaan Saudi yang sedang dalam perjalanan atas nama pribadi. Ia berada dalam penjara pengadilan, seperti dilaporkan siaran radio RTL.

Pria berusia tiga puluh tiga tahun itu ditahan ketika hendak menumpang pesawat ke Riyadh. Ia menghadapi ekstradisi ke Turki dengan dakwaan pembunuhan.

Sementara itu, seorang pejabat Saudi kemudian mengatakan penyergapan itu merupakan kasus salah tangkap, karena mereka terlibat dalam pembunuhan itu sudah dihukum di Arab Saudi.

Khashoggi merupakan pengkritik vokal terhadap pemerintahan di Riyadh. Ia dibunuh di konsulat Saudi di Istanbul, Oktober 2018.

Baca juga:

Pihak Arab Saudi mengatakan mantan wartawan Washington Post itu telah dibunuh dalam `operasi jahat` oleh tim agen yang dikirim untuk membujuknya kembali ke kerajaan.