Logo ABC

Australia Sekubu AS Tak Kirim Wakil ke Olimpiade Musim Dingin

Australia tidak akan mengirimkan perwakilannya untuk menghadiri Olimpiade Musim Dingin di Beijing. (Reuters: Tingshu Wang)
Australia tidak akan mengirimkan perwakilannya untuk menghadiri Olimpiade Musim Dingin di Beijing. (Reuters: Tingshu Wang)
Sumber :
  • abc

Pemerintah Australia memutuskan untuk tidak menghadiri Olimpiade Musim Dingin di Beijing dengan alasan China telah melanggarnya hak asasi manusia kelompok minoritas Muslim Uyghur.

Pekan ini, Amerika Serikat menyatakan keputusannya untuk tidak mengirim diplomat atau pejabat pemerintah ke Olimpiade tersebut, meski masih mengizinkan atlet mereka berpartisipasi.

Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan atlet Australia pun tetap akan bertanding meski Australia melakukan boikot diplomatik pada acara tersebut.

Menurutnya, keputusan diplomat dan politisi Australia untuk melakukan boikot ini seharusnya "tidak mengejutkan", melihat keretakan hubungan negaranya dengan China.

"Saya mengambil keputusan ini karena ini yang diinginkan Australia," ujarnya.

"Ini adalah langkah yang benar."

PM Scott mengatakan tindakan Beijing yang menghentikan hubungan diplomatik dengan Australia juga menjadi alasan di balik keputusan tersebut, karena Australia tidak pernah bisa berbicara langsung dengan pemimpin China mengenai isu hak asasi manusia.

LIHAT ARTIKEL ASLI »