Warga Senegal Serbu Produk Indonesia, Makanan hingga Motor Listrik

Warga Senegal melihat produk makanan dan minuman Indonesia yang dipamerkan FIDAK
Warga Senegal melihat produk makanan dan minuman Indonesia yang dipamerkan FIDAK
Sumber :
  • ANTARA/HO-KBRI Dakar

VIVA – Berbagai produk unggulan Indonesia seperti pesawat terbang CN 235, pupuk, farmasi, makanan dan minuman olahan, serta produk UMKM seperti pakaian batik dan kuliner dipamerkan dalam pameran dagang internasional terbesar di Senegal, FIDAK.

Melalui pendampingan oleh KBRI Dakar, pameran yang berlangsung pada 7-20 Desember 2021 itu diharapkan dapat memfasilitasi para pelaku usaha Indonesia yang tertarik untuk mempromosikan produk unggulannya khususnya kepada para calon pembeli dari Senegal, negara-negara Afrika Barat, dan Timur Tengah.

“Fasilitasi kepada perusahaan Indonesia ini diberikan mengingat besarnya peluang ekspor produk Indonesia khususnya ke Senegal dan wilayah Afrika Barat sekitar lainnya,” kata Duta Besar RI untuk Senegal Dindin Wahyudin dalam keterangan tertulis, Rabu.

Selain itu, kata Dindin, partisipasi Indonesia pada FIDAK juga bertujuan untuk memperkenalkan Indonesia secara lebih luas kepada masyarakat Afrika, antara lain mengenai keketuaan Indonesia di G20, potensi kekayaan alam dan budaya, kemajuan teknologi industri strategis, hingga industri e-commerce.

Tahun ini, pameran FIDAK mengusung tema “Promosi Agrobisnis dalam rangka Mendukung Ketahanan Ekonomi dan Sosial”, sementara tema yang diusung oleh Pavilliun Indonesia yaitu “Wonderful Indonesia”.

Pada pembukaan pameran, Menteri Perdagangan dan UMKM Senegal menyempatkan diri berkunjung ke Paviliun Indonesia dan turut menyampaikan kekagumannya atas produk-produk berteknologi tinggi yang dihasilkan oleh Indonesia.

Para pengunjung pun tampak antusias untuk mengenal lebih jauh produk-produk Indonesia, terutama motor listrik GESITS dan mesin pertanian Quick.