Menlu AS Antony Blinken Akan Sambangi Jakarta, Ini Isu yang Dibahas

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, berbicara pada acara jumpa pers perdana di Departemen Luar Negeri di Washington, AS, Rabu, 27 Januari 2021.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken akan mengawali perjalanan dengan mengunjungi Liverpool, Inggris, pada 10-12 Desember untuk menghadiri Pertemuan Menteri Luar Negeri dan Pembangunan G7.

Menlu AS Bersedih dengan Keadaan Masyarakat Gaza Saat Lebaran

Juru Bicara Deplu AS, Ned Price mengatakan bahwa Blinken akan berbincang dengan anggota G7 dan negara-negara lain yang tergabung sebagai tamu undangan, termasuk Australia, India, Korea Selatan, dan anggota-Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Yang bersangkutan juga akan membahas berbagai isu, termasuk geopolitik dan keamanan, pasukan Rusia yang membangun kekuatan di perbatasan Ukraina, pembangunan infrastruktur melalui prakarsa Build Back Better World (B3W), vaksin COVID-19 dan keamanan kesehatan global, serta pertumbuhan ekonomi di wilayah Indo-Pasifik.

Menlu AS Kunjungi Korea Selatan, Korea Utara Langsung Pamer Tembak Rudal Balistik ke Perbatasan

Kemudian, Menlu Blinken akan melanjutkan perjalanan ke Indonesia, Malaysia, dan Thailand, pada 13-16 Desember.

"Di Jakarta, Menlu akan menyampaikan pidato tentang kawasan Indo-Pasifik yang signifikan dan menggarisbawahi pentingnya Kemitraan Strategis AS-Indonesia," kata Ned Price di Jakarta, Kamis, 9 Desember 2021.

AS Ucapkan Selamat Ramadan, Sebut Tahun Ini Banyak Kesengsaraan Bagi Umat Islam

Lebib lanjut, kata dia, di Malaysia, Menlu Blinken akan mendorong kemitraan AS-Malaysia dalam mengatasi tantangan bersama, termasuk dalam COVID-19, membangun rantai pasokan yang tangguh, serta memastikan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Di Thailand, Menlu Blinken akan menegaskan kembali komitmen AS terhadap aliansi perjanjian AS-Thailand, bekerja sama menuju pemulihan ekonomi pascapandemi, dan mengatasi krisis iklim. Di setiap negara, Menlu Blinken akan membahas krisis yang kian memburuk di Burma.

Selama kunjungan, Menlu Blinken akan bertemu dengan pejabat pemerintahan, pemimpin organisasi masyarakat sipil, pemangku kepentingan bisnis, dan personel kedutaan AS.

Menlu akan mengakhiri lawatannya dengan berkunjung ke Honolulu, Hawaii, pada 17 Desember untuk bertemu dengan Komandan Indopacom Laksamana John Aquilino.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya