AS Undang ASEAN Ikut KTT dengan Presiden Joe Biden

Menlu AS Antony J. Blinken di kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA/Aria Cindyara

VIVA – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mengatakan para pemimpin negara-negara Asia Tenggara diundang untuk mengikuti konferensi tingkat tinggi (KTT) dengan Presiden AS Joe Biden pada 2022.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Undangan itu ia ungkapkan saat melakukan kunjungan di Malaysia, Rabu.

"Kami sangat menantikan KTT khusus dengan ASEAN tahun depan," kata Blinken.

Menhan Israel Pasang Badan untuk Batalion Netzah Yehuda yang Dijatuhi Sanksi AS

Ia menggambarkan perhimpunan 10 negara Asia Tenggara itu sebagai kelompok yang sangat penting dalam rancangan kawasan Indo-Pasifik.

Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah, sementara itu, mengatakan undangan KTT dengan AS tersebut akan dibahas bersama negara-negara mitra ASEAN pada pertemuan 19 Januari mendatang.

Luar Biasa, Prajurit TNI Ini Rela Rugi Rp20 Juta Sebulan Demi Tolong Petani Singkong yang Menderita

Selain soal undangan KTT, Blinken juga menyentuh masalah Myanmar.

AS, ujarnya, menanti langkah-langkah tambahan apa yang akan diambil terhadap junta Myanmar.

Myanmar berada dalam kekacauan sejak militer menggulingkan pemerintahan sipil pimpinan peraih hadiah Nobel, Aung Sang Suu Kyi, pada 1 Februari 2021.

Kudeta oleh militer Myanmar tersebut telah menimbulkan gelombang protes serta tindakan kekerasan terhadap para penentang junta.

ASEAN telah memimpin upaya diplomatik untuk mengakhiri krisis di negara anggotanya itu. Namun, beberapa anggota ASEAN telah memperlihatkan rasa frustrasi atas kemajuan yang lambat di Myanmar sehingga memutuskan tidak menyertakan pemimpin militer negara itu dalam KTT ASEAN baru-baru ini.

Selain membahas krisis di Myanmar, Blinken mengatakan KTT AS-ASEAN yang diusulkan itu diharapkan akan membicarakan berbagai isu lainnya, seperti pemulihan dari pandemi COVID-19, perubahan iklim, investasi, dan infrastruktur. (Ant/Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya