Istana Sebut Menlu AS Blinken Negatif COVID-19 Saat Tiba di Indonesia

Presiden Jokowi dan Menlu AS Anthony J. Blinken
Sumber :
  • Agus Suparto/ Fotografer Presiden

VIVA – Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono, memastikan bahwa Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken negatif COVID-19 saat berkunjung ke Istana. Hal ini dikatakan Heru guna merespons adanya kabar salah satu jurnalis rombongan Antony Blinken yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Malaysia.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Menurut Heru, pada saat kunjungan ke Indonesia, Blinken terlebih dahulu telah dilakukan pengetesan PCR. Hasilnya, Blinken negatif COVID-19 dan dinyatakan sehat.

"Menlu AS saat ke istana sudah di swab PCR dan negatif," kata Heru kepada wartawan yang dikutip Kamis, 16 Desember 2021

Bahlil Bocorkan Isi Pembicaraan Jokowi dan Tony Blair: Energi Baru hingga IKN

Menurut Heru, dalam pertemuan antara Blinken dengan Presiden Joko Widodo, tidak ada kehadiran Jurnalis. Sebab saat itu Istana mengeluarkan kebijakan tidak diperkenankannya jurnalis untuk turut hadir.

Sehingga Heru memastikan jurnalis rombongan Blinken yang positif COVID-19 tersebut tidak ikut ada dalam pertemuan Jokowi-Blinken. Heru memastikan kondisi saat itu tidak ada orang yang sedang terpapar COVID-19.

Menko Luhut Siap Beri Insentif ke Apple Agar Mau Berinvestasi di RI

"Saat ke istana, dan memang kebijakan kami tidak diperkenankan bawa media dari mereka. Serta tidak membawa awak media yang dinyatakan positif," kata Heru.

Seorang wartawan dari rombongan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, dalam kunjungan kerja ke Asia Tenggara dinyatakan positif COVID-19 saat tiba di Kuala Lumpur, Malaysia dari Jakarta.

Kedutaan Besar AS di Jakarta telah memastikan kabar tersebut, dan mengungkapkan bahwa wartawan yang dimaksud dinyatakan negatif COVID-19 saat tiba di Jakarta pada Senin 13 Desember 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya