Vodafone Lelang SMS Pertama di Dunia Seharga Rp1,72 Juta

Pesan teks pertama di dunia dijual 107.000 euro (Rp1,72 juta).
Sumber :
  • Mirror.co.uk

VIVA – Pesan teks atau SMS pertama yang pernah dikirim, bertuliskan "Selamat Natal," dijual seharga 107.000 euro (Rp1,72 juta), sebagai 'Token yang Tidak Dapat Dipertukarkan' (‘Non-Fungible Token atau NFT) di rumah lelang Paris, pada Selasa 21 Desember 2021. Pesan teks, yang dikirim pada 3 Desember 1992 dilelang oleh perusahaan telekomunikasi Inggris Vodafone.

Amy Bongkar Isi Pesan Mesra Tisya Erni dan Suami, Sempat Kirim Video Ini

Insinyur Vodafone, Neil Papworth, mengirim SMS dari komputernya ke seorang manajer di Inggris Raya, yang menerimanya melalui telepon Orbitel seberat 2 kg - mirip dengan telepon meja tetapi tanpa kabel dan dengan pegangan.

"Mereka berada di tengah acara akhir tahun jadi dia mengiriminya pesan 'Selamat Natal'," kata Maximilien Aguttes, kepala pengembangan Rumah Lelang Aguttes.

Diperlukan Akselerasi Aksi untuk Mendorong Pengembangan Teknologi Digital

Token Non-Fungible atau NFT, adalah aset digital yang popularitasnya melonjak tahun ini, dengan karya seni NFT terjual jutaan dolar.

Diperdagangkan sejak sekitar tahun 2017, objek digital ini mencakup gambar, video, musik, dan teks, ada di blockchain, catatan transaksi yang disimpan di komputer berjaringan.
Setiap NFT memiliki tanda tangan digital yang unik.

Viral Anggota Brimob Nyatakan Cinta ke Wanita Lewat Telepon, Endingnya Bikin Terharu

Berdasarkan aturan hukum, penjualan barang tidak berwujud adalah ilegal di Prancis, dan oleh karena itu rumah lelang telah mengemas pesan teks dalam bingkai digital, menampilkan kode dan protokol komunikasi, kata Aguttes.

Pembeli akan menerima replika protokol komunikasi asli yang mengirimkan SMS dan hasilnya akan masuk ke Badan Pengungsi PBB UNHCR.

Peretas atau hacker berhasil membobol data pribadi.

Masyarakat Diminta Jangan Gampang Umbar Data Pribadi

Telkomsel mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk senantiasa waspada dalam menjaga keamanan data pribadi dan dapat melaporkan segala bentuk penipuan online.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024