Erupsi Gunung Berapi di La Palma Berakhir, Kerugian Capai Rp14 Triliun

Dampak erupsi Gunung berapi Cumbre Vieja di La Palma, Kepulauan Canaria, Spanyol
Sumber :
  • volcano.si.edu

VIVA – Para ilmuwan Spanyol telah menyatakan letusan gunung berapi Cumbre Vieja di La Palma, Kepulauan Canaria, Spanyol, secara resmi dinyatakan telah berakhir, Sabtu, 25 Desember 2021. Pengumuman membuat para penduduk pulau Canaria bisa bernapas lega, setelah hampir 100 hari wilayah mereka tersapu lava panas, batuan dan abu vulkanik serta merenggut nyawa ribuan orang.

Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura

Setelah meletus pada 19 September, gunung berapi itu tiba-tiba menjadi tenang pada 13 Desember.

Tetapi pihak berwenang di pulau paling barat laut di kepulauan Kepulauan Canary Spanyol, waspada terhadap harapan palsu, menunda hingga Hari Natal untuk memberikan semuanya dengan jelas dan menyatakan letusan terpanjang La Palma dalam catatan berakhir.

Status Gunung Ruang Turun Jadi Siaga, Bandara Sam Ratulangi di Manado Kembali Beroperasi

"Apa yang ingin saya katakan hari ini dapat dikatakan hanya dengan empat kata: Letusan sudah berakhir," kata kepala keamanan regional Kepulauan Canary Julio Perez pada konferensi pers pada hari Sabtu dilansir Aljazeera.

Selama letusan, batuan cair berapi-api yang mengalir ke bawah menuju laut menghancurkan ribuan bangunan, mengubur perkebunan pisang yang menyumbang hampir setengah perekonomian pulau Canaria, merusak sistem irigasi, memutus jalan dan memaksa banyak orang mengungsi. Namun terlepas dari kerusakan yang meluas, tidak ada yang tewas dan tidak ada cedera yang terkait langsung dengan letusan tersebut. 

Solidaritas Palestina, Ribuan Warga Spanyol Turun ke Jalan Desak Pemerintah Boikot Israel

Maria Jose Blanco, direktur National Geographic Institute on the Canaries, mengatakan semua indikator menunjukkan letusan telah kehabisan energi tetapi dia tidak mengesampingkan reaktivasi di masa depan.

Seperti diketahui,sSekitar 3.000 properti secara total dihancurkan oleh lava yang sekarang mencakup 1.219 hektar (3.012 hektar) - setara dengan sekitar 1.500 lapangan sepak bola - menurut penghitungan akhir oleh layanan darurat setempat.

Erupsi Gunung berapi Cumbre Vieja di La Palma, Kepulauan Canaria, Spanyol

Photo :
  • volcano.si.edu

Sementara itu, dari 7.000 orang yang dievakuasi, sebagian besar telah kembali ke rumah tetapi banyak rumah yang tetap berdiri tidak dapat dihuni karena rusak akibat abu. Dengan banyaknya jalan yang ditutup, beberapa perkebunan juga kini hanya bisa diakses melalui jalur laut.

Pasangan Jerman Jacqueline Rehm dan Juergen Doelz termasuk di antara mereka yang terpaksa mengungsi, melarikan diri dari rumah kontrakan mereka di desa Todoque dan pindah ke perahu layar kecil mereka selama tujuh minggu.

"Kami tidak dapat menyelamatkan apa pun, tidak ada perabotan, tidak ada lukisan saya, semuanya di bawah lahar sekarang," kata Rehm, 49, kepada kantor berita Reuters, seraya menambahkan bahwa mereka akan pindah ke Tenerife terdekat setelah Natal.

"Saya tidak yakin ini benar-benar berakhir. Saya sama sekali tidak mempercayai bencana ini," katanya.

Muntahan vulkanik Cumbre Vieja mungkin telah mereda dan penduduk pulau tidak lagi harus membawa payung dan kacamata untuk melindungi diri dari abu, tetapi operasi pembersihan raksasa di Kepulauan Canaria baru saja dimulai.

Pemerintah telah menjanjikan lebih dari 400 juta euro ($453 juta) untuk rekonstruksi tetapi beberapa penduduk dan bisnis mengeluh bahwa dana lambat tiba.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez menyebut akhir letusan sebagai hadiah Natal terbaik.

"Kami akan terus bekerja sama, semua institusi, untuk meluncurkan kembali pulau La Palma yang luar biasa dan memperbaiki kerusakannya," tweetnya.

Tetapi Perez mengatakan tidak ada rasa kegembiraan atau kepuasan setelah pengumuman itu, hanya perasaan kelegaan dan harapan emosional.

"Karena sekarang, kami dapat menerapkan diri dan fokus sepenuhnya pada pekerjaan rekonstruksi," katanya, seraya menambahkan pemerintah kepulauan itu menilai kerugian bangunan dan infrastruktur di La Palma lebih dari 900 juta euro ($ 1 miliar) atau sekitar Rp14, 2 triliun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya