Logo BBC

Kontroversi Boeing 737 Max yang akan Dipakai Lagi oleh Indonesia

737 Max mendarat setelah uji coba Reuters via BBC Indonesia
737 Max mendarat setelah uji coba Reuters via BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Pemerintah Indonesia mengatakan akan kembali mengizinkan penerbangan seluruh pesawat Boeing 737-8, lebih dikenal dengan sebutan 737 Max, di tengah laporan masih "ada ratusan gangguan teknis" pada pesawat tersebut.

Langkah ini diambil setelah pemerintah melakukan investigasi dan perbaikan pada sistem pesawat tersebut, menurut keterangan yang dipublikasi Ditjen Perhubungan Udara.

Dirjen Perhubungan Udara, Novie Riyanto, menyatakan telah berkoordinasi dengan otoritas dan operator penerbangan dari berbagai dunia, khususnya ASEAN.

"Hingga saat ini, beberapa negara telah mengizinkan kembali pengoperasian pesawat 737 Max," kata Novie.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia melarang terbang Boeing 737 Max pada 13 Maret 2019 menyusul kecelakaan dua model pesawat, yang menewaskan 346 orang.

Kecelakaan pertama dialami oleh pesawat Lion Air JT-610 pada Oktober 2018 yang menewaskan 189 orang, termasuk kru pesawat.

Empat bulan kemudian, pesawat sejenis dari maskapai Ethiopian Airlines mengalami kecelakaan yang menewaskan 157 orang.

Penilaian terhadap Boeing 737 Max oleh Ditjenhub dilakukan dengan mengevaluasi perubahan disain kendali pesawat (flight control) dan beban kerja pilot pesawat Boeing 737 Max, melalui Simulator Boeing Flight Services, yang bertempat di Singapura.

Boeing 737 Max 8
BBC

"Kegiatan itu, dihadiri perwakilan Otoritas Penerbangan Sipil Amerika Serikat (FAA) di Singapura, Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS), Boeing, dan juga dihadiri secara virtual oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, FAA dan Boeing Seattle.

"Selama proses evaluasi, dilaksanakan penyamaan persepsi, terutama untuk perubahan desain flight control dan dilakukan juga uji terbang, menggunakan simulator Boeing 737 Max," kata Novie.