7 Tsunami Terdahsyat yang Pernah Terjadi Dalam Sejarah Dunia

ilustrasi Tsunami
Sumber :
  • Pexels

VIVA –  Salah satu bencana alam dahsyat yang pernah dialami dalam dunia adalah tsunami. Penyebab dari bencana alam tsunami sendiri adalah lempengan bumi yang bergeser, tanah longsor, erupsi gunung api dan lain-lainnya. Bahkan ketinggian gelombang dari tsunami tersebut bergerak sangat cepat dan mencapai hingga 30 meter. 

Pemimpin Muslim Berpengaruh di Dunia Sebut Islamofobia Berawal dari Kesalahpahaman

Berikut ini VIVA rangkumkan beberapa peristiwa tsunami yang tercatat dalam sejarah sebagai bencana alam tsunami yang paling dahsyat dengan kerusakan hebat dan menelan banyak korban jiwa. 

1. Tsunami di Laut Mediterania

Gempa Bumi 5,2 Magnitudo Guncang Mataram dan Bali, Warga Lari Keluar: Trauma Gempa 2018

Ilustrasi tsunami.

Photo :
  • U-Report

Pada 8.000 tahun yang lalu, bencana tsunami terjadi di Laut Mediterania. Tsunami tersebut disebabkan tabrakan antara longsoran di Sisilia dengan laut yang berawal dari gunung berapi. Kecepatan dari tabrakan tersebut mencapai 321 km per jam sehingga menyebabkan tsunami yang dahsyat ke seluruh Laut Mediterania. Meskipun tidak ada catatan sejarah, namun para ilmuwan menyebut tinggi gelombang dari peristiwa ini mencapai 10 lantai bangunan menurut catatan geologisnya. 

Israel-Palestina Harus Hidup Berdampingan dengan Damai, Kata Menteri Luar Negeri Selandia Baru

2. Tsunami di Portugal

Ilustrasi Megatsunami.

Photo :
  • U-Report

Pada 1 November 1755 lalu, gempa bumi yang dahsyat melanda wilayah Lisbon di Portugal. Dampak yang terjadi dari gempa tersebut mengguncang sebagian wilayah di Eropa yang juga disusul dengan tsunami dahsyat serta kebakaran yang hebat. Tercatat ada sebanyak lebih dari 60.000 orang menjadi korban jiwa dalam peristiwa dahsyat ini. 

3. Tsunami dari Letusan Krakatau

Ilustrasi bencana tsunami.

Photo :
  • U-Report

Pada 27 Agustus 1883 lalu, tsunami dahsyat juga pernah terjadi di Indonesia dan menjadi salah satu bencana tsunami terbesar di sepanjang sejarah dunia. Tsunami tersebut diakibatkan dari letusan Gunung Krakatau yang ada di Indonesia. Terdapat sebanyak 36.000 korban jiwa dalam bencana yang menimpa pulau Jawa bagian barat dan Sumatera di bagian Selatan. Kekuatan dari tsunami yang terjadi tersebut bahkan diketahui mampu mendorong karang yang beratnya mencapai 600 ton ke tepi pantai. 

4. Tsunami di Jepang

Ilustrasi bencana tsunami.

Photo :
  • U-Report

Bencana tsunami yang satu ini pastinya sudah banyak diketahui khususnya oleh masyarakat Indonesia. Pada 26 Desember 2004 lalu, tsunami dahsyat yang diakibatkan oleh gempa bumi terjadi di Aceh dan menyapu habis wilayah tersebut. Sebanyak 230.000 orang menjadi korban jiwa dalam peristiwa bencana alam yang juga dikenal dengan tsunami Samudra Hindia ini. 

Itulah 7 tsunami paling dahsyat yang pernah terjadi dalam catatan sejarah dunia. Semoga bumi kita senantiasa selalu aman dan tidak ada bencana dahsyat lagi yang terjadi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya