Cari Harta Karun? Ini 5 Pemberontak Houthi Sita Kapal Arab Saudi

Kapal Arab Saudi Disita Pemberontak Houthi
Kapal Arab Saudi Disita Pemberontak Houthi
Sumber :
  • Twitter @JasonMBrodsky

VIVA – Beberapa waktu lalu terjadi konflik antara pemberontak Houthi dengan Arab Saudi. Kapal Arab Saudi disita oleh pemberontak Houthi karena dituduh membawa muatan senjata. Koalisi pimpinan Arab Saudi pun menyerukan agar Houthi segera membebaskan kapal tersebut.

Kapal Memasuki Perairan Yaman Tanpa Izin

Melansir Aljazeera.com, Kapal itu "memasuki perairan Yaman tanpa izin" di lepas pantai Hodeidah dan melakukan "tindakan permusuhan", kata juru bicara militer Houthi Yahia Saree di Twitter, Senin. Perebutan Rwabee menandai serangan terbaru di Laut Merah, rute penting untuk perdagangan internasional dan pengiriman energi.

Menurut situs web MarineTraffic.com, kabar terkait penyitaan kapal Rwabee datang dari Operasi Perdagangan Maritim Inggris Raya militer Inggris. Serangan itu menargetkan kapal sekitar tengah malam, namun tidak menyebutkan secara spesifik kapal darimana. Namun, koordinat titik itu sesuai dengan kapal pendarat yang berbendera Emirate Rwabee.

Pemberontak Houthi Melakukan Pembajakan

Beberapa jam kemudian, sebuah pernyataan dari koalisi pimpinan Saudi, yang disiarkan oleh media pemerintah di kerajaan, mengakui serangan itu, dengan mengatakan bahwa Houthi telah melakukan tindakan “pembajakan bersenjata” yang melibatkan kapal tersebut.

Koalisi Pimpinan Arab Saudi Meminta Segera Melepaskan Kapalnya