Logo BBC

Oknum TNI dan Polri dituding Terlibat Sindikat Penyelundupan TKI

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

malaysia, pekerja migran, perempuan
Getty Images
Ilustrasi. Pekerja migran yang baru saja tiba dari Malaysia terlihat di Pelabuhan Tanjung Priok sebelum masuk ke karantina di Jakarta.

Sejumlah aparat dari instansi kepolisian dan militer diduga berperan dalam kasus penyelundupan pekerja migran Indonesia ke Malaysia yang berujung kematian puluhan orang.

Pimpinan Polri dan TNI berjanji mengusut dugaan keterlibatan anggota mereka dalam perkara itu.

Walau setidaknya dua tentara saat ini telah ditahan, kelompok advokasi pekerja migran menyebut perlu kebijakan yang lebih komprehensif untuk mencegah kejahatan ini terus berulang.

Baca juga:

Juru Bicara Satgas Misi Operasi Kemanusiaan Internasional, Kombes Harry Goldenhardt, menyebut penyelidikan tengah dilakukan di internal Polri untuk melacak dan menindak polisi yang diduga terlibat penyelundupan puluhan calon pekerja migran ke Malaysia.

Satgas itu dibentuk Polri tak lama setelah kecelakaan kapal yang menewaskan 21 WNI di Johor Bahru, 15 Desember lalu.

"Dalam satgas ini Subsatgas Pengamanan Internal yang dipimpin Kepala Divisi Propam. Mereka juga bekerja. Kalau ditemukan ada dugaan, tentu sebagaimana komitmen Kapolri, akan ditindak," kata Harry via telepon, Kamis (06/01).

Harry menyatakan hal itu untuk menanggapi Kepala Badan Perlindungan dan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Ramadhani. Pada Rabu (05/01) lalu, Benny menuding ada tentara dan polisi yang terlibat dalam kasus tersebut.