Hujan Deras, 4 Rumah di Kendal Tertimpa Longsor

Hujan deras, 4 rumah di Kendal tertimpa longsor.
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Hujan deras dan angin kencang melanda wilayah Kecamatan Boja, Kendal, Jawa Tengah, sejak Kamis 6 Januari 21022 hingga Jumat 7 Januari 2022. Akibatnya, terjadi longsor di sebuah pemukiman Desa Banjarejo Boja. Dinding penahan tanah atau talud yang longsor berketinggian lima meter.

Update Korban Tewas Banjir dan Longsor di Luwu jadi 13 Orang, Berikut Daftar Namanya

Empat rumah hancur tertimpa longsoran tanah dan talud beton. Penghuni pun terpaksa mengungsi ke lokasi yang aman. Selain empat rumah rusak akibat tertimpa longsoran, belasan rumah yang lain kini terpaksa dikosongkan karena penghuninya takut terjadi longsor lagi.

"Waktu itu hujan lebat. Saya dan keluarga ada di ruang tengah, lalu tiba-tiba ada suara gemuruh dari belakang. Nggak tahunya tembok belakang jebol. Saya dan keluarga langsung lari keluar," kata Bintaro, warga yang rumahnya terkena longsor, Jumat 7 Januari 2022.

Dua Warga Dilaporkan Hilang akibat Longsor di Padang

Ia menambahkan, setelah mengevakuasi keluarga ia kembali ke lokasi untuk membantu tetangga lainnya. Warga lainnya, Mujirah menceritakan, dapur rumahmya ambrol dihantam material longsoran, dan sempat masuk ke ruang lain. 

"Alhamdulillah ibu dan suami saya bisa selamat," kata Mujirah.

Kemendagri Dorong Pemda Terdampak Bencana Pangan Segera Tetapkan Status Tanggap Darurat

Petugas TNI, Polri, BPBD, dan relawan lain yang dibantu warga, melakukan langkah evakuasi warga lainnya menuju lokasi yang lebih aman untuk  mengantisipasi kejadian. (Ant/Antara)
 

Tim gabungan membawa korban banjir yang sakit dari helikopter Bell BNPB menuju Pos Kesehatan di Pos Komando Utama Tanggap Darurat Banjir dan Tanah Longsor Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Rabu, 8 Mei 2024.

Puluhan Korban Banjir dan Longsor di Luwu yang Terisolasi Dievakuasi dengan Helikopter

Sebanyak 27 korban yang sakit dari daerah terisolasi akibat banjir dan longsor dibawa menggunakan helikopter ke RSUD Batara Guru di Belopa, Luwu, Sulawesi Selatan.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024