Logo BBC

Bayi yang Hilang Saat Evakuasi Kabul Dipertemukan dengan Keluarganya

Sohail hilang pada 19 Agustus, dan selama berbulan-bulan orang tuanya tidak tahu keberadaannya. BBC Indonesia
Sohail hilang pada 19 Agustus, dan selama berbulan-bulan orang tuanya tidak tahu keberadaannya. BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Seorang bayi laki-laki yang terpisah dari orang tuanya dalam kekacauan evakuasi Amerika Serikat dari Afghanistan berhasil dikembalikan kepada keluarganya.

Saat itu, Taliban baru saja menguasai negara tersebut pada bulan Agustus dan banyak warga Afghanistan berusaha melarikan diri.

Sohail Ahmadi, yang berusia dua bulan, diserahkan kepada seorang tentara Amerika di batas pagar dalam upaya melindungi sang bayi dari benturan ketika ribuan orang berjuang masuk ke bandara Kabul.

Tapi begitu keluarganya berada di dalam bandara, Sohail tidak bisa ditemukan.

Setelah upaya mencari bayi itu berakhir sia-sia, ayah Mirza Ali Ahmadi, yang pernah bekerja sebagai penjaga keamanan di kedutaan AS, ibu Suraya beserta empat anak mereka lainnya dimasukkan ke dalam penerbangan evakuasi ke AS.

Selama berbulan-bulan mereka tidak mengetahui keberadaaan putra mereka.

Hamid Safi, a 29-year-old taxi driver who had found baby Sohail Ahmadi in the airport, cries as he hands over Sohail to his grandfather Mohammad Qasem Razawi in Kabul
Reuters
Hamid Safi, sopir taksi berusia 29 tahun yang menemukan bayi Sohail Ahmadi di bandara, menangis saat menyerahkan Sohail kepada kakeknya.