10 Negara Penghasil Batu Bara Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 3

Ilustrasi Pertambangan Batu Bara (Sumber Gambar : wallpaperbetter)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Ada beberapa negara penghasil batu bara terbesar di dunia yang wajib diketahui oleh semua orang. Hingga saat ini, dunia masih kesulitan dalam melepaskan ketergantungan pada energi fosil yang tak terbarukan, salah satunya adalah batu bara yang masih menjadi sumber energi paling besar setelah minyak bumi. Bahkan dari tahun ke tahun konsumsinya semakin mengalami peningkatan. Walaupun menjadi tumpuan energi, batu bara meningkatkan dua masalah besar, yaitu polusi emisi karbon dan kerusakan lingkungan setelah tambang.

Songsong Era PLTN, BRIN Garap Riset Konversi Pembangkit Listrik Batu Bara Menjadi Nuklir

Cadangan batu bara di beberapa negara, termasuk Indonesia mulai menipis lantara terus menerus dilakukan penambangan. Beberapa negara yang lain, malah semakin meningkatkan produksi komoditas yang dikenal dengan sebutan emas hitam tersebut. Hal ini berakibat pada posisi negara penghasil batu bara terbesar di dunia kerap berganti-ganti. Nah, menyadur dari Statistical Review of World Energy, berikut adalah negara penghasil batu bara terbesar di dunia. 

Lalu, Apa Saja Negara Penghasil Batu Bara Terbesar di Dunia?

Demi Cari Solusi Percepatan Transisi Energi, MKI Mulai Jalin Kolaborasi

1. China

Ilustrasi - Tambang batu bara

Photo :
  • ANTARA FOTO
BI Proyeksikan Suku Bunga The Fed Turun Satu Kali pada 2024

China merupakan negara penghasil batu bara terbesar di dunia urutan pertama. Negeri Tirai Bambu ini berhasil menempati urutan pertama selama beberapa dekade belakangan dan belum pernah tergeserkan sampai saat ini. Produksi batu bara di China setiap tahunnya bisa mencapai 3,9 miliar ton. Walaupun menjadi negara produsen terbesar, China juga menjadi salah satu langganan importir batu bara terbesar di dunia. Ini karena konsumsi energi di China sangat tinggi. 

2. India

India berhasil menempati posisi kedua sebagai negara penghasil batu bara terbesar di dunia. Produksi batu bara di India bisa mencapai 756,5 juta ton setiap tahunnya. Negara ini masih bergantung pada batu bara sebagai sumber energinya, terlebih untuk pembangkit tenaga listrik.

3. Indonesia

Ilustrasi Pertambangan Batu Bara (Sumber Gambar : wallpaperbetter)

Photo :
  • vstory

Secara global, Indonesia adalah negara penghasil batu bara terbesar di dunia yang menempati urutan ketiga. Produksi batu bara di Tanah Air bisa mencapai puncaknya pada tahun 2019 lalu. Kemudian pada tahun 2020, produksi batu bara di Indonesia mencapai 562,5 juta ton, dan yang paling banyak ditambang dari Kalimantan. 

4. Amerika Serikat

Amerika Serikat saat ini menduduki posisi keempat sebagai negara penghasil batu bara terbesar di dunia. Negeri Paman Sam tersebut berdasarkan data dari Statistical Review of World Energy menambang batu bara yang mencapai 484,7 juta ton per tahun 2020. 

5. Australia

Tambang batu bara

Photo :
  • www.warwick.ac.uk

Secara tradisional, Australia merupakan salah satu negara yang masuk ke dalam deretan negara penghasil batu bara terbesar di dunia selama beberapa dekade belakangan. Produksi batu bara di negara ini tahun 2020 lalu tercatat mencapai 476,7 juta ton. 

6. Rusia

Sebelumnya, Rusia pernah menjadi salah satu negara yang mengeruk batu bara terbesar di dunia. Akan tetapi, produksi batu bara di Rusia semakin menurun setiap tahunnya sampai menempati posisi keenam. Selain itu, sumber energi di negara ini juga berangsur tergantikan dengan gas alam dan juga nuklir. Tahun 2020 lalu, produksi batu bara di Rusia berada di angka 399,8 juta ton. 

7. Afrika Selatan

Tambang Batu Bara (Dok. Media Indonesia)

Photo :
  • vstory

Sama seperti Rusia, Afrika Selatan juga dulunya adalah salah satu negara penghasil batu bara terbesar di dunia, sebelum akhirnya tergeser posisinya oleh beberapa negara yang lain. Tahun 2020 lalu, produksi batu bara di negara ini tercatat 248,3 juta ton. 

8. Kazakhstan

Diketahui bahwa Kazakhstan mempunyai cadangan batu bara yang sangat melimpah. Cadangan batu bara di negara ini yaitu mencapai 25, miliar ton atau setara dengan 2,2 persen cadangan batu bara dunia. Produksi batu bara yang dilakukan negara ini pada tahun 2020 tercatat mencapai 113,2 juta ton. 

9. Jerman

Buruh wanita di tambang batu bara

Photo :
  • Daily Mail

Setelah Rusia, Jerman adalah salah satu negara di Eropa yang mempunyai cadangan batu bara paling melimpah di dunia. Produksi batu bara di negara ini tahun 2020 lalu tercatat mencapai 107,4 juta ton. 

10. Polandia 

Polandia menempati urutan kesembilan menjadi negara penghasil batu bara terbesar di dunia dengan produksi yang mencapai 100,7 juta ton pada tahun 2020 lalu. Diketahui bahwa lebih dari separuh energi listrik yang ada di Polandia masih ditunjang dengan batu bara. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya