Logo BBC

Pertama Kalinya, Arab Saudi Hukum Pelaku Pelecehan Seksual

Pelaku kekerasan seksual yang terbukti bersalah di Arab Saudi bisa dijatuhi hukuman dua tahun penjara dan denda sampai Rp380 juta. BBC Indonesia
Pelaku kekerasan seksual yang terbukti bersalah di Arab Saudi bisa dijatuhi hukuman dua tahun penjara dan denda sampai Rp380 juta. BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Untuk pertama kalinya, suatu pengadilan di Arab Saudi menjatuhkan hukuman pada seorang laki-laki yang melakukan kasus pelecehan seksual dengan menyebut nama pria itu dan mempermalukannya di depan umum.

Yasser al-Arawi dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Kriminal di Madinah karena melecehkan seorang wanita menggunakan kata-kata cabul.

Dia dijatuhi hukuman delapan bulan penjara dan denda US$1.330 atau senilai Rp19 juta.

Ini berdasarkan undang-undang anti-pelecehan yang telah diamandemen, yang juga memungkinkan nama dan hukuman si pelanggar dipublikasikan di surat-surat kabar lokal dengan biaya ditanggung oleh yang bersangkutan.

Hakim dibiarkan memutuskan apakah "beratnya kejahatan dan dampaknya terhadap masyarakat" memerlukan langkah seperti itu.

Amandemen tersebut disambut banyak warga kerajaan yang terkenal konservatif itu. Salah satu komentator mengatakan amandemen itu "sudah lama tertunda".

Undang-undang tersebut, yang mulai berlaku pada 2018, menetapkan hukuman hingga dua tahun penjara dan denda hingga US$27.000 (sekitar Rp380 juta) bagi mereka yang dinyatakan bersalah atas tindakan pelecehan seksual. Pelanggaran berulang akan menghadapi hukuman penjara hingga lima tahun dan denda hingga US$80.000 (sekitar Rp1 miliar).