Logo ABC

Masa Depan Baru Pertanian, Traktor Tanpa Butuh Tenaga Manusia

John Deere sudah mengeluarkan spesikasi traktor tanpa pengendara yang akan segera diproduksi massal. (Supplied: John Deere)
John Deere sudah mengeluarkan spesikasi traktor tanpa pengendara yang akan segera diproduksi massal. (Supplied: John Deere)
Sumber :
  • abc

Traktor yang tidak lagi harus menggunakan tenaga manusia untuk beroperasi akan segera diproduksi massal di Amerika Serikat dan diperkirakan akan mengubah dunia pertanian dengan berkurangnya ketergantungan pada manusia.

Salah satu perusahaan pertama yang akan memproduksi traktor tanpa sopir tersebut bernama John Deere yang sudah berdiri selama 185 tahun.

Sistem otomatisasi di dunia pertanian bukanlah hal yang baru, namun traktor tanpa pengendara yang akan diproduksi ini tidak lagi memerlukan manusia untuk melakukan pengawasan.

Direktur Pusat Teknologi Pertanian di University of Southern Queensland Professor Craig Baillie mengatakan industri pertanian memang sudah lama menunggu munculnya inovasi seperti ini.

"Kalau kita lihat saat ini traktor kecil yang dimiliki para petani di sini sudah memiliki kemampuan untuk beroperasi sendiri menuju ke arah otomatisasi penuh.

"Jadi langkah selanjutnya adalah menghilangkan pengendara dari dalam traktor."

Dengan menggunakan enam pasang kamera stereo dan teknologi kecerdasan buatan (AI), traktor ini bisa bergerak di lapangan sendiri menggunakan rute dan koordinat dari sebuah aplikasi.