Ngeri, Kartel Narkoba Meksiko Jatuhkan Bom via Drone ke Markas Lawan

Rekaman video serangan bom kartel narkoba di Meksiko
Sumber :
  • Twitter @ConflictsW

VIVA – Rekaman video mengerikan yang menunjukkan sebuah pesawat tak berawak atau drone menjatuhkan bom di kawasan hutan Tepalcatepec, Meksiko, pada Senin, 10 Januari 2022, seperti dilansir DailyMail. Orang-orang yang berada di kamp hutan berlarian menyelamatkan diri mereka dari serangan bom yang diduga merupakan serangan antar kelompok kartel narkoba di wilayah tersebut.

Jika Perang Dunia ke-3 Pecah, Benarkah akan Jadi Perang Akhir Zaman Jelang Kiamat?

Serangan bom dari pesawat tak berawak itu dikaitkan dengan Kartel Generasi Baru Jalisco (CJNG) yang ditengarai dalang dari aksi kekerasan yang tidak terkendali di wilayah tersebut.

Rekaman menunjukkan pemandangan hutan lebat dari udara di mana tampak terpal biru menutupi gubuk atau gubuk darurat yang menjadi sasaran serangan. Orang-orang berlarian menyelamatkan diri ketika pesawat tak berawak, yang dikendalikan oleh Kartel Generasi Baru Jalisco (CJNG) melayang di atas gubuk mereka sebelum menghujani bom di kamp hutan di negara bagian Michoacan.

Serang Israel, Uni Eropa Bakal Jatuhi Iran Sanksi

Beberapa detik kemudian, sebuah bom meledak dan sejumlah orang terlihat berhamburan menjauh dari ledakan untuk mencari selamat saat gulungan asap mulai membubung dari dasar hutan.

Drone kemudian melepaskan lebih banyak bahan peledak pada para penyintas sebelum ditembak jatuh oleh penduduk hutan.

Pasukan AS di Irak dan Suriah Kena Bombardir Roket Selama 24 Jam

Serangan tersebut merupakan yang terbaru dari serangkaian serangan brutal terhadap penduduk Michoacan yang menyebabkan meningkatnya kekerasan di wilayah tersebut, sebagian besar dikaitkan dengan CJNG.

Rekaman dari serangan Senin muncul hanya beberapa minggu setelah kota terdekat Chinicuila di Michoacan melaporkan bahwa sekitar setengah dari penduduknya melarikan diri -- banyak secara ilegal ke AS -- untuk menghindari kekerasan kartel.

Drone juga digunakan dalam serangan pada Desember di Chinicuila yang menyebabkan eksodus massal warga sipil dan petugas polisi.

Seperti diketahui, negara bagian Michoacan telah menjadi zona panas bagi pengedar narkoba, meskipun dalam beberapa bulan terakhir situasinya telah memburuk di tengah seringnya perebutan kekuasaan antara kartel-kartel yang bersaing.

CJNC dianggap sebagai salah satu dari dua organisasi kriminal paling kuat di Meksiko, di samping Kartel Sinaloa Guzman Joaquín 'El Chapo'.

Serangan pesawat tak berawak hari Senin diduga dilakukan untuk menargetkan penduduk kota yang telah berpartisipasi dalam baku tembak singkat dengan anggota kartel yang berusaha menguasai wilayah itu sebelumnya hari itu.

Menurut pihak berwenang setempat, satu orang terluka akibat serangan itu, tetapi kota-kota kecil dan tempat tinggal hutan Michoacan telah diganggu oleh pertempuran selama berbulan-bulan ketika kartel saingan berjuang mati-matian untuk setiap inci wilayah.

Pekan lalu, Wali Kota Tepalcatepec Martha Laura Mendoza dilaporkan memohon kepada pihak berwenang Meksiko untuk membantu memulihkan keamanan di wilayah yang dilanda kekerasan.

"Di Tepalcatepec kami mengalami empat bulan ketidakamanan. Ini adalah satu-satunya kotamadya di mana kami memiliki lebih dari 3.000 orang terlantar," kata Mendoza seperti dikutip situs berita Meksiko El Pais.

"Empat bulan dan tidak ada yang datang menemui kami, tidak ada yang memberikan solusi!" imbuhnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya