Gak Nyangka, Ini 13 Orang Tidak Kuliah di Dunia yang Menjadi Sukses

Ritesh Agarwal
Sumber :
  • Instagram @riteshagar

VIVA – Pengusaha seperti Bill Gates atau Mark Zuckerberg tidak hanya mirip karena mereka memiliki kekayaan besar, memposisikan mereka di antara orang-orang terkaya di dunia. Kedua miliarder itu juga putus kuliah sebelum waktunya.
Menariknya, kesuksesan mereka seringkali tidak dapat dikaitkan dengan tempat mereka belajar. Ada banyak miliuner yang tidak menyelesaikan studinya di bangku kuliah. Sementara beberapa dari orang-orang terkenal ini tidak pernah kuliah, beberapa keluar setelah mereka menemukan panggilan sejati mereka. Berikut sederet orang kaya yang tidak lulus kuliah namun sukses jadi miliarder yang dikutip dari Indiatimes.com:

Ramalan Zodiak Senin 15 April 2024, Leo Bertemu Cinta Masa Lalu

1. Ritesh Agarwal, CEO OYO

Ritesh Agarwal

Photo :
  • Instagram @riteshagar
Penyanyi Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal

Ritesh Agarwal putus kuliah ketika berusia 18 tahun dan memulai Oravel Stays, sebuah portal untuk memesan penginapan murah yang kemudian diubah menjadi kamar OYO. Agarwal memulai bisnisnya berawal dari membantu mengembangkan sebuah hotel kecil. Saat itu ia mencoba memberi saran kepada pemilik hotel mengenai hotel tersebut, tentang apa saja yang diubah atau ditingkatkan. Hingga akhirnya, Ritesh mencoba memulai bisnisnya dengan membangun hotel yang dinamai OYO Rooms, pada tahun 2013.

2. Gautam Adani, Ketua Adani Group 

Ini Dia Bagaimana Pencetakan 3D Bisa Membantu Banyak Bisnis Indonesia

Gautan Adani berhenti dari gelar Commerce di tengah jalan dan sekarang menjadi raja mandiri. Gautam Adani merupakan konglomerat multinasional pemilik Adani Group. Dia adalah orang terkaya kedua di India setelah Mukesh Ambani dengan kekayaan mencapai 75,3 miliar dolar AS atau Rp1.068,1 triliun, menurut Bloomberg.

3. Bill Gates, salah satu pendiri Microsoft

Bill Gates

Photo :
  • vstory

Bill Gates mungkin adalah salah satu pengusaha paling terkenal tanpa gelar sarjana. Dia memulai Universitas Harvard pada tahun 1973, tetapi keluar dua tahun kemudian untuk memulai Microsoft.

4. Michael Dell, CEO Dell Teknologi 

Dia adalah seorang mahasiswa di University of Texas di Austin hanya selama tahun pertamanya, ketika dia memutuskan untuk keluar untuk menjalankan PC's Limited, yang kemudian berubah nama menjadi merek terkenal Dell Inc, sebuah perusahaan yang menjadi penjual nomor satu. PC di dunia.

5. Mark Zuckerberg, CEO Facebook 

Founder and CEO Facebook Mark Zuckerberg.

Photo :
  • Business Insider

Mark Zuckerberg adalah orang sukses lainnya yang tidak menyelesaikan sekolah terpintar di dunia. Dia keluar dari Universitas Harvard di tahun keduanya untuk fokus menjalankan Facebook. Zuckerberg membuat Facebook dari asrama kampusnya, dan mengalami kesulitan berhubungan dengan orang lain. Jadi dia membuat situs web di mana siapa pun dari universitas dapat mendaftar dan dengan demikian dapat bertemu dengan mereka. Tapi apa yang dimulai sebagai sesuatu yang lokal berubah menjadi bisnis internasional yang besar.

6. Steve Jobs, Pendiri Apple

Steve Jobs.

Photo :
  • U-Report

Mendiang Steve Jobs adalah salah satu miliarder paling dikenal tanpa gelar sarjana di dunia. Jobs adalah contoh bagus yang menunjukkan bahwa kamu tidak memerlukan gelar sarjana untuk memulai perusahaan yang hebat. Dia pergi ke Reed College tetapi setelah enam bulan dia menyadari bahwa itu bukan miliknya dan tidak layak bagi orang tuanya untuk menghabiskan begitu banyak uang untuk studinya sehingga dia berhenti.

7. Jack Dorsey, CEO Twitter Inc. 

CEO Twitter Jack Dorsey.

Photo :
  • Washington Post

Dia pergi ke Universitas Sains dan Teknologi Missouri sebelum pergi ke NYU, di mana dia pergi untuk memulai Twitter. Jack Patrick Dorsey adalah pengusaha teknologi Amerika dan filantropis yang merupakan salah satu pendiri dan mantan CEO Twitter, serta pendiri dan CEO Block, Inc., sebuah perusahaan pembayaran keuangan.

8. Paul Allen, salah satu pendiri Microsoft 

Salah satu pendiri Microsoft, Paul Allen

Photo :
  • Instagram/@ba2mensah

Dia kuliah di University of Washington, tetapi keluar setelah dua tahun untuk menjadi programmer Honeywell. Dia meninggal pada 15 Oktober 2018 karena syok septik terkait kanker.

9. Larry Ellison, salah satu pendiri Oracle Corporation 

Larry Ellison

Photo :
  • http://www.evogood.com

Ia meninggalkan UIUC (University of Illinois at Urbana-Champaign) di tahun keduanya, setelah ibu angkatnya meninggal. Dia kemudian mendaftar di Universitas Chicago, tetapi keluar lagi setelah hanya satu semester.

10. Richard Branson, Pendiri grup Virgin 

Branson adalah salah satu orang sukses paling terkenal tanpa gelar sarjana di dunia., Merek Virgin-nya adalah salah satu yang paling mudah dikenali di seluruh dunia. Branson lahir dengan disleksia, dia menghabiskan seluruh hidupnya dengan prestasi sekolah yang buruk, tetapi bertahun-tahun kemudian dia akan menjadi pemburu bisnis kecil, dia jelas merupakan contoh bagaimana maju tanpa studi. Di masa mudanya ia meninggalkan studinya untuk membuat perusahaan rekaman musik, di sebuah jalan di London ia menamakannya Virgin.

11. Walt Disney, salah satu pendiri Walt Disney Company 

Walt Disney adalah salah satu orang sukses non-universitas yang paling dikagumi di dunia. Dia lahir di Chicago pada tahun 1901. Ketika dia berusia 16 tahun, dia berhenti belajar untuk bertarung dalam Perang Dunia Pertama, tetapi ditolak karena masih di bawah umur. Pada tahun 1923 ia bekerja memproduksi kartun dengan saudaranya, dan mereka membuat serial untuk Universal Picture. Kemudian, dia menciptakan karakter seperti Mickey Mouse dan membuat film seperti Pinocchio dan Bambi. Dia adalah contoh nyata bahwa gelar sarjana tidak menjamin kesuksesan.

12. Henry Ford, Pendiri Ford Motor Company 

Pada usia 17 ia meninggalkan rumah dan belajar, mulai bekerja sebagai tukang kayu dan masinis sederhana. Dia kemudian menjadi pemilik Ford Motors Company dan pada gilirannya menjadi salah satu orang terkaya dan paling terkenal di dunia.

13. Jan Koum, salah satu pendiri WhatsApp 

Pendiri WhatsApp, Jan Koum

Photo :
  • Instagram/@biznes_arna

Kamu mungkin mengenali Jan Koum. Dia adalah pendiri WhatsApp, salah satu platform perpesanan instan paling populer di dunia. Ia memulai studinya di San José State University, sekaligus mulai belajar pemrograman dan bekerja di Ernst & Young. Kemudian dia dipekerjakan di Yahoo dan akhirnya putus kuliah. Tapi dia tidak akan meluncurkan WhatsApp secepat ini. Pertama dia mencoba untuk mendapatkan posisi di Facebook dan Twitter, ditolak dua kali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya