Logo BBC

Proyek 'Dubai Baru' China di Sri Lanka, Calon Pusat Ekonomi Dunia?

Kota Yang dibangun untuk saingi pusat keuangan dunia. BBC Indonesia
Kota Yang dibangun untuk saingi pusat keuangan dunia. BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Pasir yang direklamasi dari laut sedang diubah menjadi Kota Pelabuhan Kolombo
BBC
Kota yang dibangun di atas pasir diklaim akan menyaingi pusat keuangan lainnya seperti Dubai, Singapura atau Hong Kong

"Pengubah permainan ekonomi". Itu adalah sebutan para pejabat Sri Lanka menggambarkan proyek Kota Pelabuhan Kolombo (Colombo Port City), sebuah kota metropolitan berkilau yang menjulang tinggi di sepanjang tepi laut ibu kota negara itu.

Di sebelah kawasan bisnis Kolombo yang rimbun, hamparan pasir yang direklamasi dari laut sedang diubah menjadi kota berteknologi tinggi.

Kota itu diproyeksi akan menjadi pusat keuangan internasional lepas pantai, area perumahan dan marina - dan bisa setara Dubai, Monako atau Hong Kong.

"Tanah reklamasi ini memberi Sri Lanka kesempatan untuk menggambar ulang peta dan membangun kota dengan proporsi dan fungsionalitas kelas dunia - dan bersaing dengan Dubai atau Singapura," kata Saliya Wickramasuriya, anggota Komisi Ekonomi Kota Pelabuhan Kolombo, kepada BBC.

Baca juga:

Tetapi para kritikus mempertanyakan seberapa besar perubahan ekonomi yang akan terjadi di Sri Lanka.

Sebagai permulaan, untuk membuat 665 hektare (2,6 km persegi) lahan baru, negara tersebut membutuhkan investasi dari China Harbour Engineering Company (CHEC) sebesar $1,4 miliar. Sebagai imbalannya, perusahaan telah diberikan 43?ri itu dengan sewa 99 tahun.