4 Fakta Rohana, Gadis Indonesia yang Diberi Kewarganegaraan Malaysia

Rohana Abdullah (22) bersama ibu angkatnya, Chee Hoi Lan
Sumber :
  • Harian Metro/Agus via Antara

VIVA – Baru-baru ini ada sebuah kisah dari seorang gadis berdarah Indonesia yang tinggal bersama ibu angkatnya di Malaysia viral di media sosial. Gadis tersebut bernama Rohana Abdullah (22) dan ibu angkatnya bernama Chee Hoi Lan yang merupakan keturunan Tionghoa dan merupakan warga negara Malaysia. Kisah gadis dan ibu angkatnya itu terbilang sangat mengharukan.

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan

Berikut ini fakta-fakta yang terdapat dalam kisah Rohana dan Ibu angkatnya Chee Hoi Lan yang hidup berdampingan dalam perbedaan dan berjuang mendapatkan kewarganegraan, mengutip dari berita di VIVA. 

Tinggal di malaysia sejak lahir

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Rohana diketahui sudah tinggal di Malaysia bersama ibu angkatnya Chee Hoi Lan sejak dirinya lahir. Perempuan berwarga negara Malaysia tersebut telah merawat Rohana Abdullah sejak usianya masih 2 bulan. Diketahui Rohana sendiri merupakan anak dari seorang petugas kebersihan di sekolah tempat Chee bekerja dan seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia. Ia merawatnya karena Rohana ditinggal oleh ibunya yang memutuskan untuk pulang ke Indonesia. 

Hidup rukun dalam perbedaan 

5 Pemain Bintang Sepakbola Muslim Eropa yang Rajin Ibadah dan Hafal Al-Quran

Diketahui pula bahwa Rohana dan ibu angkatnya tersebut menganut agama yang berbeda dimana Rohana menganut agama Islam. Meskipun begitu, mereka berdua tetap hidup berdampingan dan saling menyayangi satu sama lain. Bahkan mereka berdua juga berbeda bangsa, Rohana berasal dari bangsa Indonesia dan Chee berasal dari bangsa Malaysia. Ibu angkat Rohana tersebut tetap membesarkan dan merawatnya serta membiarkan Rohana tetap menjadi seorang muslim dan bahkan memakai hijab. Mereka hidup rukun dalam perbedaan dan menjadi sebuah gambaran keluarga yang penuh kasih sayang. 

Mendapatkan perhatian dari PM Malaysia

Kisah Rohana yang viral di media sosial ternyata menarik perhatian dari Perdana Menteri (PM) Malaysia yakni Ismail Sabri. Bahkan kabarnya Rohana sendiri akan diberikan identitas dan status kewarganegaraan oleh pemerintah Malaysia demi masa depannya karena sebelumnya diketahui Rohana memiliki kesulitan untuk mendapatkan kewarganegaraan. Kisahnya yang penuh kasih bersama ibu angkatnya tersebut membuat pihak PM Malaysia menghubungi gadis berdarah Indonesia dan ibunya Chee untuk mengurus dokumen perihal identitas Rohana di Malaysia. 

Ayah biologis Rohana belum ditemukan

Ibu kandung Rohana diketahui menikah dengan pria asal Malaysia dan dikaruniai seorang anak perempuan yakni Rohana Abdullah. Namun setelah Rohana lahir pria yang merupakan ayahnya tersebut menghilang. Hingga saat ini ayah biologis dari Rohana yang disebut warga Malaysia tidak diketahui keberadaannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya