10 Suku Terbesar di Dunia yang Jarang Diketahui, No 9 dari Indonesia

Ilustrasi wayang jawa
Sumber :
  • Pixabay/ lanlanee

VIVA – Ternyata ada beberapa suku terbesar di dunia yang mungkin tidak banyak diketahui oleh orang-orang. Diketahui bahwa di dunia ada lebih dari lima ribu suku yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Setiap suku ini tentu saja mempunyai budaya dan tradisi yang unik untuk menambah keindahan di dunia. Perbedaan dari beberapa suku di dunia ini justru dianggap sebagai keberkahan yang wajib dihargai. 

5 Negara dengan Pertumbuhan Populasi Terendah di Dunia

Keunikan dari tradisi dan budaya yang ada di setiap suku ini tentunya adalah hal yang sangat istimewa. Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak suku di dunia. Bahkan, keanekaragaman dan corak dari suku-suku yang ada di Tanah Air bisa membuat mata dunia terpukau. Namun, dari banyaknya suku yang ada di dunia, tahukah kamu suku apa yang paling besar? Nah, bila belum mengetahuinya berikut adalah ulasan mengenai suku terbesar di dunia yang disadur dari berbagai sumber. 

Lalu, Apa Saja Suku Terbesar di Dunia?

7 Tempat Paling Terlarang untuk Didatangi Turis di Dunia, Ada Pulau Sentinel dan Area 51

1. Suku Han

Situs bersejarah Kota Terlarang atau Forbidden City di Beijing, Tiongkok

Photo :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru
8 Negara Terbaik untuk Bekerja Secara WFH

Saat ini sangat banyak suku yang bernama Han di berbagai belahan dunia. Salah satunya adalah di negara yang mempunyai jumlah penduduk terbanyak di dunia, Tiongkok. Suku Han juga menjadi salah satu suku mayoritas di negara tersebut. Suku terbesar di dunia ini mencakup sekitar 19% dari total penduduk dunia dan mencakup sekitar 91% dari penduduk Tiongkok atau setara dengan 1,1 miliar jiwa. Sungguh ini adalah jumlah yang fantastis. 

2. Suku Arab

Sejumlah Pangeran Arab Saudi.

Photo :
  • istimewa

Bangsa Arab atau Suku Arab merupakan salah satu suku terbesar di dunia yang mayoritas berada di Timur Tengah dan Afrika Utara. Suku Arab ini rata-rata mempunyai ciri fisik yang tinggi, kulit putih dan sangat memesona. Seseorang yang dianggap sebagai suku Arab biasanya akan dilihat berdasarkan latar belakang, mulai dari etnis, bahasa, dan budayanya. Diperkirakan Suku Arab ini mempunyai populasi 450 juta orang. 

3. Suku Bengali

Wanita Bangladesh sedang berkomunikasi

Photo :
  • http://ririnhandayani.blogspot.com

Suku Bengali atau Benggali merupakan sebuah komunitas etnik Rumpun Bangsa Indo-Aryan yang berada di wilayah Bengala. Kini, wilayah tersebut terbagi menjadi dua, Bengala Barat masuk ke dalam wilayah negara India dan Bengala Timur menjadi bagian dari negara Bangladesh. 

Saat ini, salah satu suku terbesar di dunia tersebut menempati wilayah Bangladesh. Seperti yang kita ketahui bahwa Bangladesh adalah negara berkembang dan masuk ke dalam sepuluh negara dengan populasi terbanyak di dunia. Diperkirakan bahwa jumlah Suku Bengali mencapai 230 juta orang. 

4. Suku Portugis

Megabintang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo

Photo :
  • Manchester United

Portugis adalah sebuah istilah bagi mereka yang berasal dari Portugal. Portugis juga menjadi salah satu suku terbesar di dunia karena tercatat jumlah sukunya yang mencapai 222 juta orang. Dari angka tersebut, hanya lima persen orang yang tinggal di Portugal, sementara 95 persen lainnya hidup di luar negara Portugal. 

5. Suku Rusia

Petenis Rusia, Daniil Medvedev

Photo :
  • Twitter/@usopen

Laiknya Portugis, Rusia juga termasuk ke dalam salah satu suku bangsa. Menjadi negara yang memiliki wilayah paling luas di dunia, jumlah penduduk yang menganut suku ini juga sangat banyak. Jumlah suku terbesar di dunia ini mencapai 129 juta orang berdasarkan dailyworldmaps. Sebanyak 92 persen tinggal di Rusia dan sisanya berada di negara luar Rusia. 

6. Suku Jepang

Seorang wanita Jepang mempunyai senyum manis dengan gigi gingsul. Image via: Youtube

Photo :
  • U-Report

Negeri Sakura atau Jepang ini juga dikategorikan sebagai salah satu suku bangsa. Negara yang memiliki kemajuan teknologi sangat cepat ini tercatat mempunyai suku asli yang mencapai 128 juta orang. Sekitar 96 persennya hidup di Jepang dan sisanya menyebar di seluruh dunia. 

7. Suku Punjabi

Aktor Hollywood Kushal Punjabi

Photo :
  • Instagram/@Kushalpunjabi

Seperti yang kita ketahui bahwa Pakistan adalah salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Pakistan juga mempunyai suku terbesar di dunia yaitu Suku Punjabi. Suku yang berada di Pakistan ini diperkirakan mempunyai jumlah populasi sebesar 145 juta orang yang mayoritasnya berada di Pakistan.  

8. Suku Jerman

Jerman dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki kemajuan teknologi dan menjadi salah satu penyyumbang suku terbesar di dunia. Sampai saat ini tercatat sekitar 125 juta orang yang berasal dari suku ini. Mayoritas dari suku tersebut mendiami Jerman dan sebagian tersebar ke seluruh penjuru dunia. 

9. Suku Jawa

Suku Jawa.

Photo :
  • U-Report

Siapa sangka bahwa salah satu suku yang ada di Indonesia ini juga menjadi suku terbesar di dunia, adalah suku Jawa. Jumlah Suku Jawa diperkirakan sudah mencapai lebih dari 100 juta orang. Hal yang kemudian menjadikan suku Jawa yang terbesar di Tanah Air lantaran mencakup lebih dari 40 persen populasi di Indonesia. 

10. Suku Marathi

Aamir Khan Berduka, Sang Guru Marathinya Meninggal Dunia, Ini Kenangan Indahnya

Photo :
  • antv

Marathi adalah salah satu suku terbesar di dunia yang ada di India. Suku ini diperkirakan mempunyai jumlah populasi mencapai 85 juta jiwa. Hal ini akhirnya menjadikan suku Marathi sebagai suku terbesar kedua yang ada di India, lantaran mencakup sekitar 7 persen dari total populasi di India. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya