10 Tsunami Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia, 3 di Indonesia

Ilustrasi Tsunami
Ilustrasi Tsunami
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Tsunami merupakan serangkaian gelombang di badan air yang disebabkan oleh perpindahan sejumlah air yang besar. Tsunami tersebut mumnya di lautan atau danau besar. Gempa bumi, letusan gunung berapi di atas dan bawah air juga ledakan bawah air lainnya adalah hal-hal yang bisa berpotensi menimbulkan tsunami.

Dikutip dari mentalfloss.com, menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) tsunami seringkali mencapai ketinggian hanya beberapa inci. Tetapi ketika peristiwa pemicunya cukup kuat hasilnya bisa menjadi bencana. Tsunami paling kuat bisa bergerak secepat pesawat jet melintasi lautan terbuka dan tumbuh setinggi gedung pencakar langit. Ketika mencapai daratan, air bergerak ini dapat memusnahkan seluruh kota dalam hitungan menit.

Cek rangkuman VIVA daftar megatsunami tertinggi yang pernah terjadi:

1. Karrat Fjord, Greenland

Greenland jarang melihat tsunami, tetapi dilanda salah satu gelombang terbesar yang pernah tercatat pada tahun 2017. Tanah longsor di Karrat Fjord mengirim dinding air setinggi 295 kaki ke desa nelayan Nuugaatsiaq pada 17 Juni. Megatsunami menewaskan empat orang dan menyapu 11 bangunan ke laut. Para ahli percaya peristiwa itu dipicu oleh pemanasan iklim yang mencairkan lanskap glasial. Pegunungan di sekitar Karrat Fjord masih belum stabil, dan tsunami penyebab tanah longsor yang lebih besar bisa terjadi di masa depan Greenland.

2. Pulau Ambon, Indonesia

Megatsunami pertama yang didokumentasikan secara rinci di Indonesia tetap menjadi salah satu tsunami terbesar yang pernah tercatat. Pada tanggal 17 Februari 1674, gempa bumi melanda Kepulauan Maluku di Laut Banda. Peristiwa seismik mengirim gelombang besar menabrak Pulau Ambon dilansir National Geographic. Bencana ini menewaskan lebih dari 2000 orang. Air mencapai puncak perbukitan pesisir di Semenanjung Hitu, menandakan tsunami memuncak sekitar 328 kaki.