11 Fakta China Sedang Bangun 'Dubai Baru', Dibuat Selama 25 Tahun

Kota Yang dibangun untuk saingi pusat keuangan dunia
Kota Yang dibangun untuk saingi pusat keuangan dunia
Sumber :
  • Sumber BBC

VIVA – China danai proyek besar yang bisa dikatakan bak Dubai Baru di negara Sri Lanka. Kota yang dibangun di atas pasir ini diklaim akan menyaingi pusat keuangan dunia lainnya seperti Dubai, Singapura hingga Hong Kong.

Hal itu merupakan sebutan para pejabat Sri Lanka menggambarkan proyek Kota Pelabuhan Kolombo (Colombo Port City), sebuah kota metropolitan berkilau yang menjulang tinggi di sepanjang tepi laut ibu kota negara itu. Simak fakta-fakta Dubai baru bikinan China di Srilanka berikut ini yang dikutip dari BBC.

Menjadi Pusat Keuangan Internasional 

Tempat ini di bangun di sebelah kawasan bisnis Kolombo yang rimbun, hamparan pasir yang direklamasi dari laut. Tempat ini sedang diubah menjadi kota berteknologi tinggi. Kota itu diproyeksi akan menjadi pusat keuangan internasional lepas pantai, area perumahan dan marina yang akan setara dengan Dubai, Monako atau Hong Kong. Anggota Komisi Ekonomi Kota Pelabuhan Kolombo, Saliya Wickramasuriya mengatakan, tanah reklamasi ini memberi Sri Lanka kesempatan untuk menggambar ulang peta dan membangun kota dengan proporsi dan fungsionalitas kelas dunia yang mampu bersaing dengan Dubai atau Singapura.

Dipertanyakan Kritikus

Dalam hal ini, para kritikus mempertanyakan seberapa besar perubahan ekonomi yang akan terjadi di Sri Lanka. Sebagai permulaan, untuk membuat 665 hektare (2,6 km persegi) lahan baru, negara tersebut membutuhkan investasi dari China Harbour Engineering Company (CHEC) sebesar $1,4 miliar. Sebagai imbalannya, perusahaan tersebut telah diberikan 43% dari itu dengan sewa 99 tahun.

Kota Baru Mulai Terbentuk