9 Tempat Suci Umat Beragama di Dunia yang Jarang Diketahui

Umat Islam melakukan Tawaf keliling Kakbah sebagai bagian dari pelaksanaan ibadah Umroh di Masjidil Haram, Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi
Umat Islam melakukan Tawaf keliling Kakbah sebagai bagian dari pelaksanaan ibadah Umroh di Masjidil Haram, Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aji Styawan

VIVA – Hampir semua agama yang ada di muka bumi memiliki tempat suci sendiri, sebuah tempat yang sangat bermakna lantara mempunyai peranan penting dalam sejarah penyebaran agama tertentu. Sejumlah tempat diyakini sebagai kelahiran para dewa, pusat kepemimpinan agama, dan beberapa yang lainnya dipandang sebagai tempat ibadah yang paling indah di dunia. Beberapa pemeluk agama meyakini bahwa tempat tersebut adalah suci dan sangat sakral. 

Tidak jarang ada larangan-larangan tersendiri di tempat-tempat tersebut yang kemudian ditujukan untuk menjaga kesucian dan kesakralan tempat suci tersebut. Tidak selalu berbentuk bangunan, situs keagamaan yang dipandang suci oleh para pemeluk agama tertentu yang tersebar di seluruh dunia dapat berbentuk sebuah kota atau bahkan gunung. Nah, menyadur dari laman BBC, berikut adalah ulasan mengenai tempat suci umat beragama di dunia. 

Lantas, Apa Saja Tempat Suci Umat Beragama di Dunia?

1. Lumbini Tempat Suci Agama Buddha 

Menikmati Pagoda Tertinggi dan Terindah di Taman Alam Lumbini.

Menikmati Pagoda Tertinggi dan Terindah di Taman Alam Lumbini.

Photo :
  • U-Report

Taman Lumbini yang berada di Nepal dipercaya sebagai sebuah tempat dilahirkannya Siddharta Gautama yang pada akhirnya menjadi Sang Buddha pada 623 SM. Diketahui bahwa Siddharta merupakan seorang pangeran yang meninggalkan istana ketika usianya baru menginjak 29 tahun dengan tujuan untuk mencari pencerahan. Tempat suci ini kemudian menarik para peziarah setelah 249 SM, saat kaisar India Raja Ashoka pertama kali datang ke tempat tersebut. 

Pilar Ashokan yang berada di Taman Lumbini menandai ziarah raja yang bertuliskan dedikasi terhadap Sang Buddha. Monumen suci yang lainnya adalah lempengan batu tempat di mana Siddharta Gautama dilahirkan ke dunia, ditempatkan di Kuil Maya Devi dan kolam tempat Siddharta Gautama dimandikan usai dilahirkan yang dinamakan sebagai Puskarni.