Iklan Anak Makan Keju Sambil Bergelantungan Dilarang di Inggris

Gambar iklan keju Dairylea yang dilarang otoritas Inggris
Sumber :
  • Antara/ASA/as

VIVA – Badan pengatur periklanan Inggris telah melarang iklan TV yang memperlihatkan anak perempuan memakan keju sambil menggantung terbalik karena dapat mendorong perilaku yang bisa membuat orang tersedak. 

Berasa di Curug, Emak-emak Indonesia Gelar Tikar dan Makan Lesehan di Bandara Changi

Iklan keju Dairylea itu –produk dari pabrik makanan ringan AS Mondelez– telah ditayangkan di layanan video-on-demand Inggris pada Agustus tahun lalu.

Dua anak perempuan berusia enam dan delapan tahun tampak menggantung terbalik di tiang gawang sepak bola. Mereka berbincang tentang ke mana makanan pergi jika tubuh menggantung terbalik. 

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Petugas Pengamatan: Durasi 118 Detik

Salah satu anak kemudian makan sepotong keju Dairylea.

Otoritas Standar Periklanan Inggris (ASA) mengatakan anak-anak dapat meniru perilaku itu. Seseorang menyampaikan keluhan bahwa seorang kerabatnya yang berusia tiga tahun telah mengunyah makanan sambil menggantung terbalik setelah melihat iklan tersebut.

Ibu dan Anak Dibunuh Secara Sadis, Besi Masih Melekat di Kepala Korban

Mondelez mengatakan iklan itu ditujukan bagi para orang tua dan hanya ditayangkan pada program televisi untuk orang dewasa.

Anak-anak dalam iklan itu cukup dekat ke tanah agar aman apabila jatuh dan orang dewasa yang mengawasi mereka terlihat di latar belakang, kata produsen makanan itu.

Namun, ASA menyimpulkan bahwa hal itu bukanlah faktor yang cukup untuk mengurangi risiko dari bahaya.(Ant/Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya