8 Fakta Unik Negara Bangladesh, Perdagangan Manusia Sangat Marak!

PSK remaja di Bangladesh.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Republik Rakyat Bangladesh merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Asia Selatan. Negara ini berbatasan langsung dengan Myanmar di tenggara, India di barat, utara, dan timur, serta Teluk Benggala di sebelah selatan. Negara yang berdekatan dengan Asia Tenggara ini sudah merdeka sejak tanggal 26 Maret 1971. Luas wilayah Bangladesh mencapai 147.570 km2 sehingga menjadikan negara ini sebagai terbesar ke-92 di dunia. 

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Sementara itu, berdasarkan jumlah penduduknya, Bangladesh menduduki urutan ke-8 dengan jumlah penduduk yang mencapai 168,8 juta jiwa. Hal ini juga menjadikan negara ini sebagai negara terpadat keenam di dunia dengan kepadatan mencapai 1.173 orang/km2. Negara yang satu ini memiliki berbagai fakta unik dan menarik yang jarang diketahui oleh banyak orang, terutama masyarakat Indonesia. Maka dari itu, berikut adalah ulasan mengenai fakta unik negara Bangladesh yang disadur dari Globalstorybook. 

Lantas, Apa Saja Fakta Unik Negara Bangladesh?
1. Kebebasan Beragama

Alasan Negara Arab Lebih Pilih Dukung Israel daripada Iran, Khawatir Perang Makin Luas

Wanita Bangladesh sedang berkomunikasi.

Photo :
  • http://ririnhandayani.blogspot.com

Bangladesh merupakan salah satu negara sekuler yang memberikan kebebasan beragama kepada seluruh penduduknya. Di negara ini, agama Islam ditetapkan sebagai agama republik. Penduduk Republik Rakyat Bangladesh terdiri atas 90,39% Islam, 8,54% Hindu, 0,60% Buddha, 0,37% Kristen, dan 0,14% agama lainnya. Mayoritas masyarakat Bangladesh menganut Muslim Bengali.

Dukung Stabilitas Politik, Kadin Indonesia Hormati Putusan MK soal Sengketa Pilpres 2024

2. Ekonomi Bangladesh

Buruh anak Bangladesh.

Photo :
  • U-Report

Negara ini adalah salah satu negara yang memiliki ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan sebuah negara dengan penghasilan menengah yang tumbuh paling cepat. Selain itu, Bangladesh juga mempunyai cadangan devisa tertinggi kedua di Asia Selatan setelah India. 

3. Perdagangan Manusia

PSK remaja di Bangladesh.

Photo :
  • U-Report

Republik Rakyat Bangladesh mempunyai fenomena yang sangat buruk tentang perdagangan manusia yang sangat marak dilakukan. Bahkan, fenomena ini sudah menjadi rahasia umum bila negara ini sudah menjadi pusat perdagangan manusia di dunia. 

Korban perdagangan manusia tersebut bukan hanya dari kalangan anak-anak, tapi juga orang dewasa. Harga yang ditawarkan untuk setiap manusia yang dijual tergolong sangat murah, seperti ada seorang gadis yang hanya dihargai dengan Rp3 juta. 

4. Bangladesh Dikenal dengan Industri Garmen

ilustrasi polusi dari pabrik

Photo :
  • vstory

Salah satu yang menjadi produk unggulan Bangladesh adalah garmen. Negara yang satu ini diperkirakan memiliki 4.000 pabrik garmen. Industri tersebut sangat mendorong pertumbuhan ekonomi di Bangladesh sampai saat ini. Industri yang sedang naik daun ini juga melibatkan sekitar 80 persen wanita di negara tersebut. 

Maka dari itu, tidak heran bila industri tersebut sangat membantu masyarakat di Bangladesh. Walaupun demikian, keamanan industri garmen di negara ini dikatakan masih kurang. Tahun 2013, sejumlah pabrik garmen yang berada di dekat kota Dhaka dilaporkan sudah membuat ribuan pekerjanya tewas dan ribuan lainnya mengalami luka-luka. 

5. Berada di Garis Kemiskinan

Bangladesh

Photo :
  • U-Report

Bangladesh tampaknya mempunyai masalah serius dalam hal perekonomian masyarakatnya. Tingkat kemiskinan di negara ini pada tahun 2018 silam mencapai 21,8 persen. Sementara itu, penduduk Bangladesh diperkirakan mencapai 150 juta jiwa. 

Dengan demikian, ada sekitar 30 juta masyarakat Bangladesh yang masih berada di dalam garis kemiskinan. Ditambah lagi dengan masalah ekonomi seperti ketimpangan sosial dan pengangguran yang masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah setempat. 

6. Memiliki Freelancer yang Mempunyai Keahlian Tinggi

Doel, Laptop Buatan Bangladesh

Photo :
  • digitaltrends.com

Bangladesh dikenal dengan freelancer yang memiliki keahlian tinggi, khususnya dalam bidang IT. Web developer dan programmer di negara tersebut mempunyai upah yang cukup murah, tapi memiliki kualitas yang tinggi. Selain itu, banyak juga masyarakat Bangladesh yang fasih memakai bahasa Inggris. 

7. Memiliki Delta Sungai Terluas

Sungai Ciujung yang menghitam dan beraroma busuk. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA.co.id/Yandi Deslatama

Delta bengal adalah delta sungai terluas yang ada di dunia. Delta tersebut memiliki luas yang mencapai 105.000 kilometer persegi. Delta sungai ini juga diapit oleh sungai-sungai yang berasal dari Pegunungan Himalaya seperti Ganges dan Brahmaputra serta sungai yang bukan dari pegunungan tersebut, seperti Meghna. Delta ini juga menjadi sumber kehidupan untuk jutaan warganya, terutama petani. 

8. Memiliki Pantai Terpanjang Ketiga di Dunia

Cox Bazar Bangladesh

Photo :
  • Tangkapan Layar

Pantai terpanjang ketiga di dunia juga ada di Bangladesh. Nama pantai tersebut adalah Cox’s Bazar yang berada di Teluk Bangle di bagian selatan Bangladesh. Pantai dengan panjang 120 km tersebut sangat populer di kalangan peselancar. Banyak penduduk setempat yang mengumpulkan mutiara, kerang, dan ikan di sekitar pantai untuk mencari uang. Bahkan, pantai ini juga sangat indah ketika dinikmati saat matahari terbit dan terbenam. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya