Logo ABC

Pasokan Ayam di Australia Terganggu akibat Wabah Omicron

Saat ini satu ekor ayam utuh di sejumlah supermarket di Australia juga sedang kosong karena gangguan distribusi. (Flickr: TheCulinaryGeek)
Saat ini satu ekor ayam utuh di sejumlah supermarket di Australia juga sedang kosong karena gangguan distribusi. (Flickr: TheCulinaryGeek)
Sumber :
  • abc

Daging ayam adalah sumber protein yang paling populer di Australia, tapi mungkin masih akan jarang ditemukan di supermarket dalam beberapa pekan ke depan.

Bukan karena Australia sedang kekurangan ayam, tapi rantai distribusi daging ayam saat ini sedang terganggu, akibat banyaknya pekerja di sektor pengolahan daging yang sakit COVID-19 atau sedang menjalankan isolasi mandiri setelah menjadi kontak erat.

Federasi Daging Ayam di Australia memprediksi daging ayam bagian dada, paha, serta sayap masih akan sulit didapatkan setidaknya sampai akhir bulan Januari.

Meski sebelumnya dikatakan daging ayam masih bisa ditemukan di supermarket besar, kenyataannya membuktikan sebaliknya.

Kepala eksekutif dari federasi daging ayam, Vivian Kite mengatakan ada "masalah pasokan ayam yang sedang berlangsung dan cukup signifikan".

"Kami dengar kekurangan ayam mentah utuh [per ekor] bersifat jangka pendek," kata Dr Kite.

"Dengan semakin sedikitnya produk daging ayam lain di pasaran, orang-orang beralih membeli ayam potong satu ekor, makanya ini menyebabkan kelangkaan di toko-toko."