Inilah Sosok Lisala Folau Penakluk Tsunami Tonga Dijuluki Aquaman

Lisala Folau, pria berenang 27 jam selamat dari tsunami di Tonga
Sumber :
  • Stuff.co.nz

VIVA – Begini penampakan Lisala Folau, seorang pria yang tak lagi muda namun berhasil selamat dari hempasan tsunami Tonga yang terjadi beberapa waktu lalu. Kisah selamat Folau yang bagai mukjizat itu viral dan membuat orang menjuluki pria ini sebagai sosok Aquaman sesungguhnya sebagaimana sosok karakter komik dan film tentang pria ajaib yang bisa menguasai air besutan DC Comics.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Lisala Folau sebagaimana diwawancarai radio Tonga, Broadcom Broadcasting mengatakan dia harus berenang sambil terombang-ambing hingga 27 jam lamanya akibat dihempas tsunami ke lautan. Pria berusia 57 tahun itu mengatakan dia sedang mengecat rumahnya saat dapat kabar dari saudara lelakinya bahwa ada peringatan tsunami.

Folau kemudian cepat-cepat memanjat pohon paling tinggi yang dia temukan. Setelah hempasan selesai dia pikir selesai kemudian dia turun dari pohon namun kemudian ombak besar di luar perkiraannya menghempaskannya hingga terseret jauh ke lautan.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

"Saya terus didorong dan dicampakkan ombak yang datang bergantian," cerita Folau.

Dia mengatakan harus berenang sekitar 7,5 kilometer setelah ombak mulai reda dan itu harus dilakukan hingga 27 jam dan kemudian menjangkau pulau Tongatapu pada sekitar pukul 10.00 malam waktu setempat pada hari Minggu, 16 Januari 2021 silam.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

Sementara Stuff.co.nz memberitakan bahwa Folau diketahui tinggal di sebuah pulau kecil terisolasi bernama Atata yang berjarak sekitar 8 kilometer dari ibu kota Tonga dan bisa ditempuh sekitar 30 menit perjalanan dengan kapal.

Folau mengatakan satu-satunya hal yang membuat dia tidak menyerah dan terus berenang adalah keluarganya, istri dan 4 orang anaknya. Cerita Folau ini kemudian mendapat sorotan dari media massa dan para netizen menyebut pria usia lewat paruh baya itu sebagai sosok Aquaman dalam kehidupan nyata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya