Perkuat Aliansi, China, Rusia, Iran Gelar Latihan Bersama

VIVA Militer: Armada kapal peluru kendali Angkatan Laut China (PLAN)
VIVA Militer: Armada kapal peluru kendali Angkatan Laut China (PLAN)
Sumber :
  • Global Times

VIVA – Angkatan laut China, Rusia, dan Iran akan mengelar latihan bersama pada Jumat 19 Januari 2022, kata seorang pejabat humas angkatan bersenjata Iran kepada kantor berita semipemerintah, ISNA, pada Kamis 20 Januari 2022.

Program latihan bersama, yang dinamai "2022 Marine Security Belt", itu akan dilangsungkan di Samudra Hindia dan merupakan latihan bersama ketiga antara China, Rusia, dan Iran, kata pejabat tersebut, Mostafa Tajoldin.

Sejak menjabat mulai Juni tahun lalu, Presiden Iran Ebrahim Raisi --yang beraliran keras-- telah mengambil arah kebijakan "mengarah ke timur" untuk memperkuat hubungan negaranya dengan China dan Rusia.

Teheran pada September tahun lalu bergabung dengan Organisasi Kerja Sama Shanghai, yaitu aliansi keamanan di Asia Tengah yang dipimpin oleh Beijing dan Moskow.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian berkunjung ke China pekan lalu. Sementara itu, presiden Iran bertemu dengan presiden Rusia di Moskow pada Kamis.

China, Rusia, dan Iran mulai melakukan latihan bersama antara angkatan laut ketiga negara pada 2019 dan latihan itu akan terus berlangsung pada masa depan, kata Tajoldin.

"Tujuan latihan ini adalah untuk memperkuat keamanan beserta tumpuannya di kawasan, juga untuk memperluas kerja sama multilateral antara ketiga negara guna secara bersama-sama mendukung perdamaian dunia, keamanan maritim, serta membentuk masyarakat maritim yang memiliki masa depan bersama," kata pejabat Iran tersebut kepada ISNA.