Logo BBC

Tonga Negara Bebas COVID Khawatir Bantuan Datang Bawa Virus

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

An Australian Defence Force officer helps secure humanitarian aid supplies aboard a Royal Australian Air Force aircraft
Getty Images
Pesawat militer Selandia Baru dan Australia yang membawa bahan-bahan bantuan sudah mendarat di Tonga.

Pesawat-pesawat pertama yang mengangkut bantuan kemanusiaan berhasil tiba di Tonga, Kamis (20/01). Armada pesawat ini mengangkut barang-barang yang dibutuhkan bagi korban letusan gunung berapi yang memicu tsunami besar di sana, akhir pekan lalu.

Namun, upaya kemanusiaan untuk membawa bantuan ke Tonga menjadi rumit karena pemerintah setempat khawatir pengiriman bala bantuan itu dapat menyebarkan virus corona. Apalagi, Tonga adalah negara yang bebas Covid.

Selandia Baru mengatakan pesawat militer mendarat di bandara utama Tonga setelah landasan tersebut dibersihkan dari sisa-sisa abu. Australia juga mengonfirmasi pesawat pertamanya sudah mendarat di sana.

Kamis (20/01) kemarin, militer Selandia Baru mengonfirmasi pesawat Hercules C-130 mendarat di landasan bandara sekitar pukul 16.00 waktu setempat.

Pesawat ini mengangkut air bersih, barang kebutuhan di pengungsian, generator listrik, peralatan kebersihan untuk sehari-hari, dan peralatan komunikasi.

Beberapa jam kemudian menteri pertahanan Australia mencuit pesawat pertama yang dikirim kementeriannya telah tiba membawa "bantuan kemanusiaan dan barang-barang untuk bantuan bencana"

tsunami Tonga
Consulate of the Kingdom of Tonga
Foto dari Ibu Kota Nuku’alofa meperlihatkan kerusakan akibat tsunami.