Logo BBC

China Pasarkan Xinjiang Sebagai Tujuan Wisata Olahraga Musim Dingin

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Menjelang pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing, wilayah bergolak Xinjiang digambarkan dalam poster sebagai destinasi bagi industri olahraga musim dingin yang berkembang di China.

Banyak perusahaan asing buru-buru menjadi bagian perkembangan itu, meskipun negara-negara Barat menuduh China melakukan genosida terhadap kelompok minoritas Muslim di wilayah itu.

Cakupan Olimpiade Musim Dingin di China diperluas, tidak hanya Beijing.

Ketika saya menghubungi pemengaruh online Yao melalui sambungan video ia sedang berdiri di puncak gunung saat matahari tenggelam, bersiap-siap meluncur dengan papan salju.

Pemandangan dari China seperti inilah yang bakal sering kita lihat selama beberapa pekan mendatang bersamaan dengan penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin; lereng yang diselimuti salju yang indah.

Namun Yao sama sekali tidak berada di dekat kota tuan rumah pesta olahraga musim dingin, yakni Beijing. Ia berada di Xinjiang - wilayah yang menawarkan hamparan salju dan iklim terbaik di China.

Di wilayah ini pula, menurut Amerika Serikat dan negara-negara lain, China melakukan genosida terhadap penduduk minoritas Muslim Uighur.