8 Negara yang Paling Toleransi di Dunia, Mayoritas Negara Eropa

Toronto, Kanada.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tentu saja ada beberapa negara yang paling toleransi di dunia sebagai salah satu bentuk perdamaian dalam keberagaman dan setiap orang harus mampu menerapkan sikap toleransi dengan sesama. Hal ini karena perbedaan merupakan sebuah keniscayaan yang seharusnya bisa diterima dan ditanggapi dengan bijak oleh semua manusia. Toleransi sendiri merupakan sikap seseorang untuk saling menghormati dan juga menghargai, baik antar individu maupun antar kelompok. 

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Toleransi juga hadir sebagai salah satu cara untuk menghalau setiap tindakan maupun gerakan yang berupaya untuk memecah belah persatuan. Sikap toleransi akan memperlihatkan rasa hormat kepada orang lain atau yang berbeda pendapat, agama, budaya, dan ras. Maka dari itu, toleransi perlu menjadi sesuatu yang diamalkan oleh setiap warga negara. Nah, menyadur dari laman Global Citizen, berikut adalah ulasan mengenai negara yang paling toleransi di dunia. 

Lantas, Apa Saja Negara yang Paling Toleransi di Dunia?

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

1. Luxembourg

Negara Luxemburg, usia hidup lebih lama

Photo :
  • Business Insider
783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Luxembourg merupakan salah satu negara besar yang dihuni oleh sekitar 150 jenis kebangsaan. Hampir setengah dari penduduk negara ini adalah warga negara asing. Mayoritas pendatang dari Portugal, Perancis yang diikuti oleh beberapa negara lain seperti Italia dan Belgia. Pada sebuah lingkungan yang plural, mereka menentang dengan tegas mengenai sistem dan kebencian terhadap sesama. Mereka juga saling menghormati satu sama lain dan saling memperkaya kebudayaan. Karena itu, Luxembourg dijuluki negara paling toleransi di dunia. 

2. Kanada

Musim gugur di Kanada.

Photo :

Kanada adalah negara yang mengadopsi multikulturalisme dan dikenal sebagai negara paling toleransi di dunia. Negara ini sangat mengedepankan seberapa baik mereka dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia, memberikan akses ke kesempatan, dan juga menciptakan landasan untuk kesejahteraan. Kanada juga menjadi salah satu negara yang tidak terlalu rentan pada pergolakan dan berulang kali menegaskan mengenai nilai imigrasi. 

3. Selandia Baru

Gedung parlemen Selandia Baru.

Photo :
  • Istimewa

Negara paling toleransi berikutnya adalah Selandia Baru walaupun pasca kolonial tidak mempunyai catatan bersih dalam hubungan dengan penduduk asli. Selandia Baru sudah melangkah lebih jauh ke arah merangkul ketimbang menekan suku Maori asli. Adat istiadat dan warisannya pun dilindungi oleh keputusan pemerintah dan juga dirayakan dengan cara besar dan kecil. 

4. Islandia

Hotel Buubble di Islandia

Photo :
  • Instagram

Selain menjadi negara paling toleransi di dunia, Islandia juga menjadi negara paling liberal dengan tingkat toleransi paling tinggi. Islandia juga sudah mengklaim konsep energi terbaru yang mana 85 persen produksi energinya bersumber dari daur ulang. 

Jika kamu berkunjung ke Islandia, kamu tidak harus takut bila mengalami tindak kriminal. Hal ini karena Islan dia menjadi salah satu negara teraman di dunia dan tingkat kejahatannya juga sangat kecil. Kasus kejahatan seperti pembunuhan, kekerasan, sampai hal yang berkaitan dengan narkoba sangat jarang terjadi. 

5. Irlandia

Dublin Castle, Irlandia

Photo :
  • Pixabay

Urutan berikutnya sebagai negara paling toleransi di dunia adalah Irlandia. Sebuah survei memperlihatkan bahwa Irlandia sangat toleransi terhadap etnis minoritas dan juga LGBT ketimbang beberapa negara lain di Uni Eropa. Sementara itu, Inggris sudah menarik diri dari Uni Eropa, dan Irlandia masih tetap berpegang teguh pada cita-cita benua yang bersatu. Bahkan, negara ini juga dikenal sangat ramah. 

6. Uruguay

Jembatan Laguna Garzon, Uruguay

Photo :
  • Amusing Planet

Negara yang berada di Amerika Selatan ini menduduki peringkat tertinggi dalam penelitian mengenai kemajuan sosial. Bahkan, Uruguay sendiri menjadi negara terkecil di benua Amerika Selatan. Sementara itu, tempat yang lain di benua tersebut sudah berjuang di bawah kekuasaan politik yang lalim, penindasan agama, dan kekerasan yang meluas. Uruguay secara tertutup sudah menjadi benteng perdamaian dan kemakmuran. 

7. Belanda

Warga Belanda antre beli ganja hadapi lockdown.

Photo :
  • The Sun

Negara yang pernah menjajah Tanah Air selama ratusan tahun ini tampaknya menjadi salah satu negara yang paling toleransi di dunia. Hal ini mungkin masuk akal, karena kita selalu diajarkan di sekolah bahwa ketika penjajahan Jepang dan Belanda, negara tersebut dikenal sebagai negara yang sadis. Bahkan, ibo kotanya sendiri, Amsterdam, baru saja menuai penolakan kepada patung modern yang bertuliskan ‘I Amsterdam’ karena mereka menganggap terlalu individualitas. 

8. Finlandia

Santa Claus Village (Finlandia).

Photo :
  • U-Report

Republik Finlandia merupakan salah satu negara Nordik yang berada di Eropa Utara. Selain menjadi negara dengan tingkat kebahagiaan tertinggi dunia, Finlandia juga adalah salah satu negara dengan sistem pendidikan dan keamanan     terbaik yang ada di dunia. 

Bukan hanya penduduk lokal, setiap imigran yang datang ke negara ini juga akan merasakan kebahagiaan dan juga keamanan yang jarang ditemukan di dunia. Itulah sebabnya, mengapa Finladia berhasil menduduki negara paling toleransi di dunis 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya