7 Fakta Mengejutkan Kim Jong-un, Pemimpin Korea Utara yang Misterius

VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un
Sumber :
  • Daily Mail

VIVA – Kim Jong-un adalah seorang pemimpin tertinggi di Korea Utara sejak tanggal 28 Desember 2011. Dia adalah seorang putra dari Kim Jong-il dan cucu dari Kim Il-sung. Sampai saat ini, masa lalu Kim Jong-un masih misterius lantaran banyaknya hal yang tidak dapat dibuktikan. Namun, berdasarkan laporan yang termuat dalam surat kabar Jepang, Kim pernah bersekolah di Bern, Swiss. 

Ramalan Jayabaya: Satrio Wirang Simbol Ambisi Politik yang Membahayakan

Laporan pertama mengatakan bahwa Kim Jong-un bersekolah di Sekolah Internasional Bahasa Inggris swasta di Gumligen, di dekat Bern, dengan memakai nama “Chol-pak” atau “Pak-chol” mulai dari tahun 1993 hingga 1998. Informasi mengenai pemimpin negara tersebut juga sangat sedikit. Untuk kamu yang semakin penasaran dengan sosok Kim Jong-un, simak ulasan berikut ini yang disadur dari Bright Side

1. Tidak Ada yang Mengetahui Tanggal Lahir Kim Jong-un

SBY: Jangan Melukai Hati Rakyat yang Memilih Pak Prabowo jadi Pemimpin Mereka

Kim Jong Un memakai kacamata berbingkai

Photo :
  • Times of india

Biasanya, informasi mengenai hari ulang tahun seorang pemimpin negara adalah yang paling mudah ditemukan. Akan tetapi, hal jamak ini justru tidak berlaku untuk pemimpin Korea Selatan. Kim Jong-un terlahir sebagai putra ketiga Kim Jong Il dan informasi mengenai hari ulang tahun Kim Jong Un sampai saat ini masih simpang siur. 

Jayabaya Ramal Kemunculan Satrio Wirang yang Jegal Pemimpin Gegara Kalah Bertempur

Sejumlah informasi mengatakan bahwa Kim Jong-un lahir tanggal 8 Januari 1982, sumber lain mengatakan bahwa pemimpin Korut tersebut lahir pada tanggal 6 Juli 1982. Akan tetapi, hal ini dibantah oleh intelijen Korea Selatan yang justru mengatakan bahwa sebenarnya Kim Jong-un lahir tahun 1984. Pemimpin muda tersebut sengaja mengubah nama lahirnya supaya terlihat lebih tua dan dewasa dari usia yang sebenarnya. 

2. Melakukan Penyamaran Selama Sekolah

VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un

Photo :
  • Lowy Institute

Layaknya seorang anak dari kalangan atas, Kim Jong-un memperoleh pendidikan terbaik. Sejak usia muda, ayahnya, Kim Jong Il mengirimkan sang anak untuk kuliah di luar negeri. Kim Jong-un mudah dikatakan melanjutkan sekolah di Liebefeld-Steinhölzli Schule, Swiss tahun 1998. 

Akan tetapi, entah karena takut identitasnya terbongkar, dia justru mendaftar dengan nama samaran Pak Un dan mengaku sebagai seorang putra diplomat dari Korea Utara. Tapi sayang, Kim Jong-un tidak pernah menyelesaikan pendidikannya. Hingga pada tahun 2000, Kim Jing-un keluar dari sekolah tersebut dan kembali ke Korea Utara. 

3. Kim Jong-un Menikahi Teman Masa Kecilnya

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan istrinya Ri Sol Ju,

Photo :
  • ANTARA/KCNA via REUTERS

Mayoritas orang luar menganggap Kim Jong-un merupakan sosok pemimpin yang sangat kejam. Tapi, siapa sangka bahwa pemimpin Korea Utara yang satu ini ternyata adalah tipe orang yang cukup romantis. Menyadur dari India Times, pemimpin Korea Utara yang satu ini menikahi seorang perempuan yang bernama Ri Sol Ju. 

Teman masa kecilnya ini dinikahi sejak tahun 2009 lalu. Selain berasal dari keluarga yang elit, Ri Sol Ju juga adalah seorang lulusan dari Kim Il Ju University dan pernah menjadi bagian dari pemandu sorak Korea Utara dalam acara Kejuaraan Atletik Asia yang dilangsungkan di Korea Selatan. 

4. Mempunyai Dua Gelar Pendidikan

Kim Jong-un dan istrinya Ri Sol Ju.

Photo :
  • U-Report

Sepulang dari Swiss, Kim Jong-un melanjutkan pendidikannya di Korea Utara. Sekitar tahun 2002 sampai 2007, Kim Jong-un melanjutkan pendidikannya di Kim Il Sung University dengan mengambil jurusan fisika. 

Bukan hanya itu, pemimpin Korut yang sudah berusia 38 tahun tersebut juga melanjutkan studinya dengan menempuh pendidikan di Kim Il-Sung National War College di Pyongyang, yang mana dia berhasil mendapatkan gelar sebagai perwira angkatan darat. 

5. Memiliki Masa Kecil yang Misterius

VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un

Photo :
  • Daily Mail

Selain tanggal lahir yang misterius, Kim Jong-un juga mempunyai kehidupan masa kecil yang sangat misterius. Pemerintah Korea Utara tidak pernah membicarakan perjalanan hidup, terlebih dengan sengaja menyebar foto-foto masa kecil pemimpinnya sendiri. Tahun 2014, pemerintah Korut akhirnya berbaik hati. Mereka memperlihatkan sejumlah foto masa kecil pemimpin mereka, tanpa sedikit pun menyinggung kisah masa kecilnya. 

6. Gaya Rambut

Kim Jong-un hadir di parade militer Korea Utara pada malam hari

Photo :
  • Korean Central News Agency via CNN.com

Kim Jong-un memiliki gaya rambut yang khas dan terbilang lucu, yaitu potongan rambut yang sangat simpel dengan gaya militer. Potongan rambut tersebut pernah ditiru oleh Brad Pitt saat menjadi aktor dalam film Fury tahun 2015. Potongan rambut pemimpin Korut ini tampak aneh karena memakainya dengan cara yang salah, yaitu tidak cocok dengan bentuk wajahnya. Bahkan, menurut laporan BBC, menyatakan bahwa para siswa saat ini harus menggunakan gaya rambut sepertI Kim Jong-un. 

7. Pernah Operasi Plastik

VIVA Militer: Presiden Korea Utara, Kim Jong-un

Photo :
  • Asianews.it

Ketika usia 27 tahun, Kim Jong-un pernah melakukan operasi plastik. Akan tetapi, dia memiliki alasan tersendiri melakukan operasi plastik di bagian wajahnya tersebut. Umumnya, orang melakukan operasi plastik untuk terlihat lebih tampan atau cantik. Tapi, Kim Jong-un melakukan hal tersebut untuk membuat wajahnya terlihat mirip dengan sang kakek, Kim Il-sung. Bahkan, ia juga bagian alisnya lebih pendek supaya tampak seperti sang ayah, Kim Jong-il. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya