Pasukan Suriah Berhasil Rebut Kembali Penjara yang Dikuasai ISIS

Lokasi Kota Hasaka dan Penjara Ghwayran di Suriah
Sumber :
  • Google maps/BBC

VIVA – Pasukan Demokratik Suriah melaporkan, pihaknya berhasil menguasai kembali area terakhir penjara yang sebelumnya dikuasai oleh kelompok militan ISIS di Suriah, Rabu 26 Januari 2022. Dengan ini maka pertempuran selama hampir sepekan yang melibatkan pasukan Demokratik Suriah dan kelompok ISIS di wilayah Hassakeh berakhir.

Tentara Bayaran Iran Otak di Balik Serangan Pangkalan Militer Amerika

Komandan Pasukan Demokratik Suriah, Nawroz Ahmad menyampaikan saat ini Pasukan Demokratik Suriah berhasil menguasai kembali penjara tersebut. Sementara sebagian besar anggota kelompok ISIS yang melakukan penyerangan tewas dalam pertempuran.

Serangan ini merupakan serangan terbesar kelompok ISIS sejak berakhirnya kekuasaan mereka di wilayah Irak dan Suriah pada tahun 2019, seperti dilansir dari tvOnenews.

5 Roket dari Irak Hantam Pangkalan Militer Amerika di Suriah

Penjara Gweiran atau penjara Al-Sinaa merupakan tempat tinggal bagi sekitar 3.000 tahanan termasuk sekitar 600 anak dibawah umur.

Badan pemantau kemanusiaan Suriah dan kelompok relawan Suriah mengatakan, sejumlah anak-anak tewas dan beberapa orang lainnya terluka dalam pertempuran ini. Diperkirakan ada sekitar 10.000 anggota kelompok ISIS yang ditahan di penjara tersebut sejak tahun 2019. 

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah
VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat di Irak

Pasukan AS di Irak dan Suriah Kena Bombardir Roket Selama 24 Jam

Pasukan Amerika Serikat (AS) di Irak dan Suriah menghadapi dua serangan roket dan ledakan drone dalam waktu kurang dari 24 jam.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024