Krisis Ukraina Makin Panas, Ini Tawaran AS kepada Rusia

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, berbicara pada acara jumpa pers perdana di Departemen Luar Negeri di Washington, AS, Rabu, 27 Januari 2021.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken memberi tanggapan resmi terhadap Rusia atas tuntutannya untuk menyelesaikan krisis Ukraina. Menlu Blinken mengatakan AS menawarkan Rusia jalan diplomatik penyelesaian krisis apabila Rusia bersedia. 

Indonesia Sesalkan Palestina Gagal Jadi Anggota Penuh PBB Karena Veto AS

Seorang menteri Rusia mengatakan negaranya akan mempelajari tanggapan dari Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) yang disampaikan dalam koordinasi dengan NATO, dilansir BBC, Kamis 27 Januari 2022.

Sementara Rusia telah mengeluarkan daftar tertulis keprihatinannya tentang perluasan aliansi militer NATO dan masalah keamanan terkait. Di antaranya adalah permintaan kepada NATO untuk mengesampingkan kemungkinan Ukraina dan lainnya bergabung dengan aliansi.

Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia

Dalam beberapa pekan terakhir Rusia diketahui telah mengumpulkan sejumlah pasukan besarnya di perbatasan Ukraina. Tindakan ini dianggap sesuatu yang invasif oleh Barat. Namun Rusia menyangkal sedang bersiap menyerang Ukraina.

Antony Blinken mengatakan bahwa posisi AS memperjelas kedaulatan Ukraina dan hak negara itu untuk memilih apakah ingin menjadi bagian dari pakta pertahanan NATO,

Palestina Kecam Veto AS yang Menghalangi Upaya Keanggotaan Penuh PBB

"Seharusnya tidak ada keraguan tentang keseriusan tujuan kami dalam hal diplomasi. Kami bertindak dengan fokus dan kekuatan yang sama untuk memperkuat pertahanan Ukraina dan mempersiapkan diri bersatu apabila ada agresi Rusia lebih lanjut," katanya.

Blinken menambahkan bahwa AS sudah siap atas apa pun yang akan dilakukan Rusia.

Disebutkan bahwa AS telah mengirim tiga pengiriman bantuan militer minggu ini termasuk rudal Javelin dan persenjataan anti-baju besi ke Ukraina. Dikirim pula ratusan ton amunisi dan peralatan tempur lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya